Perempuan Banyak Bantu Negara Soal Utang Lho, Nih Buktinya!

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
21 April 2021 15:10
Menteri Keuangan Srimulyani Memberikan Keterangan Pers mengenai APBN KITA (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah mengungkapkan, perempuan menempati lebih dari 50% investor surat utang negara, berdasarkan profile investor obligasi negara sukuk ritel dan ORI. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Perempuan memiliki kecerdasan dalam berinvestasi. Terlihat bahwa dalam instrumen ritel di Indonesia yang diterbitkan pemerintah yaitu ORI 017, dari Rp 18,34 triliun yang diterbitkan, 55,8% investornya adalah perempuan," ujarnya dalam sebuah webinar, Rabu (21/4/2021).

Sementara itu, untuk ORI 018, kata Sri Mulyani peranan investor perempuan kembali meningkat, menjadi 57,82%. Begitu juga saat penerbitan Sukuk Ritel 014, dimana perempuan mendominasi profile investor yang mencapai 58,25%.


"Hal ini menggambarkan literasi dan kapasitas perempuan untuk berpikir cerdas bagaimana amankan dana untuk keluarganya dan investasikan di bidang hal hal produktif dan sangat-sangat potensial dan nyata," tuturnya.

Sri Mulyani pun menegaskan bahwa perempuan memiliki peranan penting dalam pemulihan ekonomi nasional, dari berbagai aspek serta mendorong kebijakan yang inklusif untuk menciptakan keadilan sosial.

"Tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa perempuan tidak hanya memiliki potensi, tapi secara aktual mampu berkontribusi secara luar biasa dalam perekonomian, pemikiran dan dan emosional skill."

"Mampu berikan dampak positif bagi tata kelola, bagi policy inklusif dan keadilan sosial," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading