Bos Adhi Karya Pede LRT Jabodebek Beroperasi Pertengahan 2022

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
21 April 2021 15:25
LRT Jabodebek. (Dok: PT KAI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek ditargetkan selesai pada Agustus hingga September 2021. Tapi pengoperasian baru bisa dilakukan pada tahun depan.

"Insya Allah pertengahan 2022 LRT ini sudah bisa beroperasi karena butuh serangkaian tes," kata Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Entus Asnawi dalam webinar Mengukur Infrastruktur, Rabu (21/4/2021).

Salah satu uji coba yang memakan waktu adalah sistem signaling. Karena teknologi yang digunakan LRT Jabodebek ini driverless sehingga butuh waktu enam sampai sembilan bulan untuk percobaan.

Dari paparannya, pembangunan LRT Jabodebek ini secara keseluruhan sudah mencapai 83,5%. Saat ini, progress pengerjaan lintas 1 LRT Jabodebek Cawang-Cibubur sudah 93%, lintas 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 82,7%, dan Cawang - Bekasi 90,3%.



Sementara untuk pembangunan depo LRT Jabodebek di Bekasi Timur sudah mencapai 38,8% dengan pembebasan lahan sudah mencapai 38,8%.

Sebelumnya, Komisaris Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) KH Said Aqil Siroj memastikan proyek strategis nasional ini selesai tepat waktu meski di tengah pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah, sampai saat ini saya tidak melihat ada kekurangan pada pengerjaan LRT Jabodebek ini, semua berjalan dengan baik. Seluruh pihak terus bekerja keras baik dari Kemenhub, KAI, Adhi Karya, Inka, dan LEN. Saya harapkan proyek ini dapat dioperasikan tepat waktu di bulan Juli 2022," ujar Kiai Said, Rabu (10/3/2021).

Kiai Said yakin hadirnya LRT Jabodebek akan mempunyai dampak yang sangat signifikan bagi masyarakat. LRT Jabodebek akan mengurangi kemacetan lalu lintas dan meningkatkan ekonomi masyarakat.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading