Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Secara Online

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
19 April 2021 19:25
Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Foto: Mobile JKN dan BPJS Kesehatan

Jakarta, CNBC Indonesia - Kartu BPJS yang hilang atau rusak bisa dicetak ulang dengan mudah. Hal ini dikarenakan semuanya bisa dilakukan secara online alias bisa dari rumah tak harus datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Mengutip dari berbagai sumber, Senin (19/4/2021) berikut cara mencetak kartu BPJS Kesehatan secara online dengan mudah. Pertama, buka aplikasi mobile JKN pada smartphone. Kemudian login User ID dan password yang digunakan saat mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Pilih ubah data peserta, lalu pilih peserta BPJS Kesehatan mandiri yang ingin dicetak kartu peserta nya. Pada layar, pilih ikon e-mail dan akan muncul tulisan "Apakah ingin mengirim kartu ke email?" Jika iya, pilih OK.

Kemudian buka e-mail yang digunakan saat mendaftar BPJS Kesehatan, lalu cari di kotak masuk file yang berisi kartu BPJS Kesehatan. Jika sudah ada, unduh kartu tersebut maka kartu sudah bisa langsung dicetak.

Mencetak kartu juga bisa dilakukan melalui website resmi www.bpjs-kesehatan.go.id. Pertama, login menggunakan e-mail dan password seperti saat masuk menggunakan aplikasi.

Pilih menu cetak kartu, pilih menu data, kemudian cari data. Pada halaman pencarian, masukkan nomor NIK atau data sesuai peserta yang kartunya akan dicetak.

Jika informasi kartu sudah ditemukan, pilih cetak kartu. Maka, otomatis kartu akan segera tercetak dan bisa digunakan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mudah! Begini Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Lewat HP


(yun/yun)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading