Internasional

Kabar Buruk dari WHO, Dunia Berada di Titik Kritis Pandemi

News - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
13 April 2021 06:00
WHO

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Kesehatan Dunia (WHO) membawa kabar buruk. Lembaga itu menyebut pandemi virus corona (Covid-19) tumbuh secara eksponensial.

Penumbuhan eksponensial merujuk ke kenaikan jumlah kasus per hari yang memiliki faktor bersifat konstan atau mendekati. Ini mengindikasikan jumlah kasus membludak tinggi di luar ekspektasi.


"Kita berada di titik kritis pandemi," kata Kepala Teknis WHO Maria Van Kerkhove, dikutip dari CNBC International, saat berbicara Senin (12/4/2021).

"Ini bukanlah situasi yang kami inginkan terjadi dalam 16 bulan, di mana kita telah membuktikan sejumlah langkah-langkah pengendalian."

Pernyatannya bukan tanpa dasar. WHO mencatat kasus corona di seluruh dunia naik 9%, peningkatan mingguan ketujuh berturu-turut. Angka kematian juga melonjak 5%.

"Kita perlu memeriksa kenyataan tentang apa yang perlu kita lakukan ... Vaksin dan vaksinasi memang tengah dilakukan tapi belum di menyeluruh di seluruh bagian di dunia."

Ia pun meminta pemerintah seluruh dunia menerapkan langkah-langkah keamanan, sesuai protokol kesehatan. Apalagi, sejumlah negara ternyata kini tetap melonggarkan pembatasan meski kasus baru setiap minggu, delapan kali lebih tinggi, dari angka di 2020.

Sebelumnya peringatan sudah disampaikan ahli WHO lain, Kepala Program Darurat Kesehatan Dr. Mike Ryan. Ia mendesak warga untuk tetap menggunakan masker dan menerapkan aturan jarak sosial sembari vaksinasi berjalan.

"Virus ini lebih kuat, lebih cepat dengan munculnya varian baru yang menyebar lebih mudah dan lebih mematikan daripada strain virus asli," tegasnya.

"Kita masih berjuang meski tahu muak dengan penguncian yang ketat."

Halaman 2>>>

Corona India Melejit, Varian Inggris Merajalela di AS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading