Internasional

Penampakan Kapal Raksasa Nyangkut Lagi di Terusan Suez

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
08 April 2021 12:55
This satellite photo from Planet Labs Inc. shows the Ever Given cargo ship stuck in Egypt's Suez Canal Monday, March 29, 2021. Engineers on Monday

Jakarta, CNBC Indonesia - Kejadian kapal nyangkut kembali terjadi di Terusan Suez pekan ini. Kali ini kapal tanker M/T Rumford kandas Selasa (7/4/2021).

Kapal tersebut tiba-tiba mogok di bagian selatan Terusan Suez. Berbeda dari Ever Green yang dikatakan terhempas badai pasir, M/T Rumford mogok karena mesinnya mati.


Sebagaimana dilaporkan Reuters Kamis, (8/4/2021), kejadian itu untungnya tidak begitu mengganggu jalur pelayaran antara Laut Merah dan Laut Tengah itu. Dalam 10 menit, Otoritas Terusan Suez (SCA) langsung mengirim kapal tunda Tim Hope dan Mosaed 3 untuk membantu tanker itu.

"Otoritas segera menangani masalah mesin salah satu kapal yang melintasi Terusan Suez, kapal tanker minyak Rumford dengan muatan 62.000 ton," kata SCA.

SCA menambahkan lalu lintas pelayaran tidak terpengaruh oleh kejadian tersebut. Sebanyak 84 kapal berhasil melintasi kedua sisi Terusan Suez pada hari itu.

Dalam informasi yang tertera di Marine Traffic, M/T Rumford sendiri merupakan kapal tanker yang berukuran panjang243,8 meter dan lebarnya 42 meter. Kapal itu sendiri dibangun pada tahun 2012 dan saat ini berlayar di bawah bendera Italia.

Diketahui kapal tanker itu sedang dalam perjalanan mengangkut minyak seberat 62 ribu ton. Berikut penampakan kapal tersebu:

Kapal M/T Rumford. (tangkapan Layar via marinetraffic.com)Foto: Kapal M/T Rumford. (tangkapan Layar via marinetraffic.com)
Kapal M/T Rumford. (tangkapan Layar via marinetraffic.com)

Sebelumnya, Kapal peti kemas Ever Given kandas di terusan itu dan menutupi jalur perdagangan vital itu hingga 6 hari. Kerugian akibat insiden kandasnya kapal yang berukuran 400 meter itu ditaksir mencapai lebih dari US$ 1 miliar atau Rp 14,4 triliun.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading