Penjualan Mobil Negara Ini Naik Hampir 500%! Sayang Bukan RI

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
06 April 2021 13:35
Fiat

Jakarta, CNBC Indonesia - Penjualan mobil di berbagai negara melonjak tajam pada Maret 2021, bahkan ada yang mencapai ratusan persen. Ada apa gerangan? Apakah ekonomi dunia sudah pulih dari dampak pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19)?

Mengutip data MarkLines, berikut pertumbuhan penjualan mobil di sejumlah negara pada Maret 2021 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/YoY):


Tiga negara Eropa yaitu Italia, Prancis, dan Spanyol berada di kelompok elit. Penjualan mobil di tiga negara itu tumbuh impresif, bahkan di Italia nyaris 500%.

Padahal katanya Eropa sedang dilanda serangan gelombang ketiga (third wave outbreak). Pemerintah Italia dan Prancis pun terpaksa kembali memberlakukan karantina wilayah alias lockdown.

Mengapa ada lockdown tapi penjualan mobil di Negeri Pizza malah naik hampir 500%?

Well, inilah yang disebut efek basis yang rendah atau low base effect dalam perhitungan statistik. Maret 2020 yang dijadikan pembanding, dijadikan patokan, begitu menyedihkan.

Sebagai gambaran, penjualan mobil di Italia pada Maret 2020 adalah 28.326 unit. Saat itu, angka tersebut adalah yang terburuk setidaknya sejak 1967. Namun kemudian rekor terendah dibukukan pada April 2020, di mana kala itu penjualan mobil tercatat 4.279 unit.

So, kalau melihat angka April 2020 yang begitu memprihatinkan, maka hampir pasti pertumbuhan penjualan mobil April 2021 bakal meroket lagi. Mau bagaimana lagi, pembandingnya rendah sekali....

Halaman Selanjutnya --> Hati-hati, April Kayaknya Bakal Jeblok Lagi!

Hati-hati, April Kayaknya Bakal Jeblok Lagi!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading