Kang Emil Colek Pertamina: Sumur Migas Kecil Kasihlah Pemda

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
05 April 2021 15:26
Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) resmi menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas untuk pertama kalinya. Hari ini, Selasa (29/12) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi menyerahkan tiga unit mobil listrik kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil. Ketiga mobil tersebut adalah 2 unit IONIQ Electric dan 1 unit KONA Electric. (Dok: Istimewa)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meminta kepada PT Pertamina (Persero) untuk menyerahkan lapangan-lapangan minyak dan gas (migas) kecil kepada Pemerintah Daerah (Pemda).

Banyak lapangan minyak kecil milik Pertamina yang sudah tidak terurus karena skala ekonominya kecil.

"Karena skala ekonomi tidak memadai, di kasih ke kami juga enggak. Padahal buat kami receh-receh, puluh-puluh, ratus-ratus miliar bisa buat bangun puskesmas, ngaspal jalan, itu luar biasa," ungkapnya dalam Rapat dengar Pendapat Umum / RDPU di Komisi VII DPR RI, Senin, (05/04/2021).


Kang Emil sapaan akrabnya menyebut dengan pola pikir korporasi, membiarkan skala-skala kecil tidak diserahkan ke daerah sementara Pertamina tidak mengurus maka tidak ada income kemana-mana. Tidak ke Pertamina pun tidak ke daerah.

"Itu yang paling utama, meminta ladang-ladang kecil yang tidak masuk skala ekonomi mohon diperintahkan untuk kami kelola atas nama sila kelima," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan pengelolaan Blok Rokan pada Agustus 2021 nanti sudah diserahkan ke Pertamina. Karena sudah mengelola Balok Rokan, kemungkinan yang kecil-kecil tidak semua bisa terangkat produksinya.

Oleh karena itu pihaknya mengusulkan agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dilibatkan. Sehingga daerah-daerah mampu mengelola dan meningkatkan produksinya.

"Diberikan tantangan, kalau mereka tak berhasil tidak kita teruskan mereka nanti kerjasama tapi kalau berhasil kenapa tidak," pintanya


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading