Komplain Berjamaah dan Pembelaan Manajemen AIA - Prudential

News - Tim, CNBC Indonesia
31 March 2021 12:45
Mark Tucker, chief executive and president of AIA Group speaks during the company 2011 interim result announcement in Hong Kong Friday, July 29, 2011.  (AP Photo/Kin Cheung)

Jakarta, CNBC Indonesia - Masalah di industri asuransi tanah air terus terjadi dan menjadi sebuah fenomena. Terakhir, ramai-ramai nasabah protes lewat media sosial.

Protes tersebut dilayangkan ke perusahaan asuransi besar, yakni AIA dan Prudential.

Sebuah forum dibuat di Facebook dengan nama "Korban Penipuan Asuransi AIA" dan telah menjaring setidaknya 3.600 anggota. Sebagian mengalami hal serupa. Yang terbaru, tepatnya pada 13 Maret 2021, seorang bernama Maria Trihartati membuat sebuah pengumuman.


Maria Trihartati, Ibu Rumah Tangga asal Bandar Lampung ini merasa dirugikan karena asuransi yang dimilikinya.

"Kalau AIA saya belinya di sales. Sudah 7 tahun, yang sudah masuk Rp 85 juta kembali Rp 32,6 juta. Premi per bulan Rp 1 juta," katanya kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Senin (29/3/2021).

Dia mengaku sudah menghubungi agent atau kontak person yang dulunya menawarkan asuransi tersebut. Namun sayangnya, yang bersangkutan sudah tidak lagi menjadi agen asuransi.

Akhirnya dia mengambil langkah untuk mendatangi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. Rencananya, bersama beberapa orang lain yang sama-sama menjadi korban, Maria dan perwakilannya akan mendatangi LBH Jakarta pada Rabu 31 Maret 2021 mendatang sekitar pukul 13.00 WIB. Dia memiliki beberapa harapan terkait langkahnya mendatangi LBH Jakarta.

"Semoga LBH mau memperjuangkan kita. Bagaimana perlindungan terhadap konsumen. Kalau menjual tidak jelas, polis batal. Semoga LBH membela, uang kembali," katanya.

"Kedua, semoga jangan ada korban lagi. Ketiga hapuskan unitlink," tegasnya.

Setelah AIA, kini muncul lagi forum dengan nama "Anda Korban Agen/Sales Nakal dari Asuransi Prudential?". Forum ini telah menjaring 3.400 anggota sejak dibuat pada 13 September 2020.

"Mari......Kita suarakan kekecewaan kita sebagai NASABAH Asuransi Prudential, atas perlakuan AGEN/SALES NAKAL dari perusahaan tersebut, sebarkan seluruh Indonesia," tulis informasi tentang forum tersebut.

Menariknya, korban dari Prudential merupakan nasabah AIA juga, yakni Maria Trihartati. Ia mengaku sudah bergabung dan menjadi nasabah Prudential selama 6,5 tahun dan nyata nya tak memberikan hasil yang sesuai.

"Premi per bulan Rp 350 ribu, uang sudah masuk sekitar Rp 27 juta, kembali Rp 9,2 juta," katanya kepada CNBC Indonesia

Dia sempat mendatangi agen yang menjadi perantara saat bergabung dengan Prudential. Sayangnya, agen tersebut sudah tidak bekerja pada Prudential.

"Bahkan saya sempat disarankan sampai 10 tahun, nanti tahun ke-11 uang kembali sesuai premi," tuturnya.

Maria menjelaskan, salah satu alasannya bergabung dengan Prudential adalah iming-iming asuransi pendidikan. "Padahal di Prudential tidak ada asuransi pendidikan, dimasukkan ke asuransi jiwa," ujarnya.

Halaman Selanjutnya, >>> Pembelaan AIA & Prudential

Pembelaan AIA & Prudential
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading