Bolak-balik Berobat, Tak Ada Masalah dengan PRB JKN-KIS

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
25 March 2021 18:21
BPJS Kesehatan (BPJS Kesehatan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memiliki banyak program turunan dalam memberikan kepastian pelayanan kesehatan bagi peserta. Salah satunya adalah Program Rujuk Balik (PRB) yang telah memberikan manfaat besar bagi peserta yang memiliki penyakit kronis dengan kondisi stabil.

Darwis Tito (65) bersama istrinya Sudarsih (60) sudah merasakan manfaat tersebut. Manfaat menjadi peserta PRB karena menderita hipertensi sejak tahun 2014 telah dirasakan pasangan suami istri yang tinggal di Desa Sukur Kecamatan Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara ini.

Darwis menyampaikan Program JKN-KIS sangat membantu pembiayaan kesehatan mereka yang sudah menjadi rutinitas karena harus selalu melakukan kontrol dan mendapatkan pengobatan rutin.


"Jika tanpa JKN-KIS, saya dan istri saya mungkin sudah menyerah terhadap biaya pengobatan di rumah sakit dan memilih untuk melakukan perawatan sendiri di rumah. Namun untungnya sudah ada Program JKN-KIS yang menanggung seluruh biaya kami di rumah sakit," kata Darwis.

Darwis dan Sudarsih juga merasa sangat senang karena Program JKN-KIS selalu memberikan inovasi yang terbaik bagi pesertanya. Terbukti, dengan adanya PRB, dengan adanya proram ini, pengobatan hipertensi keduanya menjadi lebih terkontrol.

Darwis mengaku merasakan kepuasan atas Program JKN-KIS yang sering kali mereka manfaatkan. Mulai dari pelayanan di dokter keluarga sampai pada apotek tempat mengambil obat PRB sangat baik.

"Menggunakan kartu JKN sangat puas rasanya, dokter tidak membeda-bedakan peserta yang datang sehingga kami merasa terlayani dengan maksimal, semua tidak dipungut biaya," ungkap Darwis.

Pada akhir pembicaraan, Darwis dan Sudarsih berharap Program JKN-KIS ini agar tetap dapat terus berlangsung dan semakin banyak inovasi lagi yang diberikan, karena hal tersebut sangat bermanfaat, salah satunya dengan adanya PRB para peserta yang sudah menderita penyakit kronis seperti kami dapat sangat terbantu.

"Terima kasih Program JKN, terima kasih BPJS Kesehatan, kami merasa sangat terbantu dan puas atas pelayanan yang diberikan," tutup Darwis.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading