Bakal Ada SKB 4 Menteri untuk Pembukaan Sekolah, Tunggu ya...

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
23 March 2021 18:10
A teacher wears a face mask as a precaution against the coronavirus during a class in Bekasi on the outskirts of Jakarta, Indonesia. Tuesday, March 23, 2021. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Jakarta, CNBC Indonesia - Setidaknya ada 4 instruksi baru dari Mendagri terkait PPKM Mikro tahap 4, salah satunya adalah pembukaan ijin tatap muka kegiatan belajar mengajar.

"Pembukaan izin kegiatan pembukaan tatap muka untuk Perguruan Tinggi atau akademi dengan syarat institusi percontohan, sesuai Perda dan penerapan protokol kesehatan. Namun perlu diingat diberikan kelonggaran ini tetap perlu diutamakan prinsip kehati-hatian sebagai dasar pembelajaran," ujar Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito di Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Dia menambahkan, dalam PPKM Mikro kegiatan belajar mengajar tatap muka harus dilakukan bertahap dimulai dari institusi percontohan. Adapun pengawasan dari kegiatan pembelajaran tatap muka mengacu Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.

"Saat ini SKB masih dalam tahap finalisasi beserta detail operasional, melibatkan pakar di dalamnya," tegasnya.

Sebelumnya, seluruh kegiatan belajar mengajar diatur dalam SKB 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi.

Direktorat Jenderal PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Sutanto mengatakan ada kemungkinan SKB tersebut akan direvisi saat tahun ajaran baru nanti.

"Saya dengar katanya SKB akan direvisi lagi untuk menyambut tahun ajaran baru itu. Untuk saat ini kan kita regulasi nya SKB 4 menteri jadi yang menentukan itu PAUD-SD-SMA sama Kabupaten/Kota dan SMA sama Provinsi (yang putuskan)," katanya.

Presiden Joko Widodo pernah mengatakan untuk mempersiapkan agar pembelajaran tatap muka bisa diselenggarakan segera mungkin yakni tepatnya tahun ajaran baru. Ini berdasarkan pertimbangan pelaksanaan vaksin untuk para guru, dosen dan tenaga didik.

"Targetnya pada bulan Juni nanti 5 juta guru, tenaga pendidik, dan pendidikan semuanya Insya Allah semuanya bisa kita sudah selesaikan, sehingga di bulan Juli saat mulai ajaran baru, semuanya bisa berjalan normal kembali. Saya kira targetnya itu," kata Jokowi beberapa waktu lalu.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading