Jokowi Bicara Sekolah Tatap Muka, Jadinya Juli 2021 Pak?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
18 March 2021 15:25
Kegiatan uji coba belajar mengajar tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan di SMPN 1 Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (18/3/2021). Sebanyak 170 sekolah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat menggelar uji coba pembelajaran tatap muka di tengah pandemi virus corona. Tapi tidak semua sekolah yang mengusulkan pembelajaran tatap muka lantas diloloskan. Ratusan sekolah yang menggelar uji coba mulai hari ini terdiri atas 29 SD Negeri, 24 Madrasah Ibtidaiah (MI), 28 SMP, 18 Madrasah Tsanawiah (MTs), tujuh Madrasah Aliyah (MA), 32 SMA, dan 32 SMK. simulasi akan berlangsung sebulan sejak 9 Maret hingga 10 April 2021. Jika pada pelaksanaannya terdapat siswa ataupun guru yang positif Covid-19, maka pembelajaran di sekolah tersebut akan kembali menerapkan sistem daring.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka peluang untuk segera membuka kegiatan sekolah tatap muka secara terbatas, apabila program vaksinasi sudah rampung seutuhnya.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan keterangan pers secara virtual, usai meninjau vaksinasi massal di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Hari ini, setidaknya ada 500 guru yang mendapatkan vaksinasi.

"Apabila semua telah selesai, kita harapkan ada uji coba tatap muka terbatas dan di Juli juga akan dilakukan lagi untuk masuk sekolah tetapi dengan tatap muka terbatas," kata Jokowi, Kamis (28/3/2021).

Jokowi mengatakan hasil uji coba tatap muka terbatas itu akan menjadi landasan utama pemerintah sebelum benar-benar membuka secara penuh kegiatan belajar mengajar di seluruh daerah.

"Dari situ akan kita evaluasi apakah bisa dilakukan tatap muka penuh pada bulan-bulan setelah itu," jelasnya.

Jokowi berharap proses vaksinasi bisa dilakukan di wilayah lain selain di Makassar. Kepala negara telah memerintahkan jajarannya agar secepat mungkin melaksanakan vaksinasi di berbagai daerah.

"Agar proses vaksinasi bisa semakin cepat dan kita harapkan bisa mengurangi laju penularan Covid yang ada di negara kita," jelasnya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kata Kemenkes Soal Sekolah Tatap Muka di Juli 2021


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading