Bantuan Ngalir Nih! Berikut Cara Daftar Kartu Anak Jakarta

News - Redaksi CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
22 March 2021 10:51
Kegiatan uji coba belajar mengajar tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan di SMPN 1 Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (18/3/2021). Sebanyak 170 sekolah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat menggelar uji coba pembelajaran tatap muka di tengah pandemi virus corona. Tapi tidak semua sekolah yang mengusulkan pembelajaran tatap muka lantas diloloskan. Ratusan sekolah yang menggelar uji coba mulai hari ini terdiri atas 29 SD Negeri, 24 Madrasah Ibtidaiah (MI), 28 SMP, 18 Madrasah Tsanawiah (MTs), tujuh Madrasah Aliyah (MA), 32 SMA, dan 32 SMK. simulasi akan berlangsung sebulan sejak 9 Maret hingga 10 April 2021. Jika pada pelaksanaannya terdapat siswa ataupun guru yang positif Covid-19, maka pembelajaran di sekolah tersebut akan kembali menerapkan sistem daring.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan akan mencairkan dana bantuan sosial (bansos) secara serentak pada 26 Maret 2021 mendatang.

Melansir akun Instagram resmi @dinsosdkijakarta, bantuan yang disalurkan berupa Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), dan Kartu Anak Jakarta (KAJ).

"Pencairan dana KLJ, KPDJ, dan KAJ triwulan I tahun 2021 akan dilaksanakan mulai 26 Maret 2021," tulis pengumuman Dinas Sosial, seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin (22/3/2021).


Adapun para pemegang KLJ akan mendapatkan bantuan senilai Rp 600 ribu per bulan, pemegang KPDJ senilai Rp 300 ribu per bulan, dan pemegang KAJ sebesar Rp 300 ribu per bulan.

"Dana bantuan pemenuhan kebutuhan dasar, KLJ, KPDJ, dan KAJ triwulan I [Januari, Februari, Maret 2021], sudah dapat ditarik melalui ATM Bank DKI manapun," tulis pengumuman.

Dinas Sosial juga mengingatkan agar saat pengambilan dana di ATM, masyarakat tetap menjaga prtokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.


Nah untuk mendapatkan, Kartu Anak Jakarta, haruslah mengurus Kartu Identitas Anak. Begini Caranya :


* KIA diterbitkan bagi Penduduk WNI, Penduduk OA, dan anak berkewarganegaraan ganda, yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum pernah kawin. Masa berlaku KIA untuk anak berusia kurang dari 5 tahun adalah sampai anak berusia 5 tahun, sedangkan KIA untuk anak berusia di atas 5 tahun adalah sampai anak berusia 17 tahun kurang dari 1 hari.

* Penerbitan KIA terdiri atas:
1. Penerbitan KIA baru
2. Penerbitan KIA karena habis masa berlakunya
3. Penerbitan KIA karena pindah datang
4. Penerbitan KIA karena hilang atau rusak

* Penerbitan KIA bagi anak yang belum memiliki NIK dan Akta Kelahiran, maka proses penerbitan KIA dilakukan bersamaan dengan proses penerbitan NIK, KK, dan Akta Kelahiran.

* Penerbitan KIA karena pindah datang maka proses penerbitan KIA dilakukan satu paket dengan proses penerbitan Surat Keterangan Pindah Datang (SKPD) dan KK.

Syarat :


* Penerbitan KIA bagi anak usia kurang dari 17 (tujuh belas) tahun dan belum memiliki NIK dan/atau akta kelahiran, bersamaan dengan persyaratan penerbitan biodata penduduk/NIK dan Kutipan Akta Kelahiran

* Penerbitan KIA bagi anak usia kurang dari 5 (lima) tahun dan sudah memiliki akta kelahiran, dilaksanakan setelah memenuhi persyaratan:
1. fotokopi Kutipan Akta Kelahiran
2. KK
3. KTP orang tua
4. Dokumen perjalanan, bagi penduduk OA

* Penerbitan KIA bagi anak usia dari 5 (lima) tahun sampai dengan usia 17 (tujuhbelas) tahun kurang satu hari dan sudah memiliki akta kelahiran, dilaksanakan dengan memenuhi persyaratan:
1. fotokopi Kutipan Akta Kelahiran
2. KK
3. KTP orang tua
4. Dokumen perjalanan, bagi penduduk OA
5. pas foto anak berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 (dua) lembar

* Penerbitan KIA karena hilang atau rusak dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1. Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian, bagi KIA yang hilang
2. KIA lama yang rusak, jika karena rusak
3. KK
4. Dokumen perjalanan RI
5. Dokumen perjalanan dan ITAP, bagi Penduduk OA
6. pas foto anak berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 (dua) lembar, bagi anak berusia lebih dari 5 tahun

* Penerbitan KIA karena pindah datang bagi Penduduk WNI dan OA Pemilik ITAP, dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1. KIA lama
2. KK
3. Dokumen perjalanan RI
4. Dokumen perjalanan dan ITAP, bagi penduduk OA
5. pas foto anak berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 (dua) lembar, bagi anak berusia lebih dari 5 tahun
6. SKP/SKPD


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading