Jaminan Anti Bokek, Ini Besaran Gaji & Tunjangan PNS 2021

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
06 March 2021 13:05
cover topik/THR PNS Terancam Tak Dibayar luar/Aristya Rahadian krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar gembira datang buat para Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2021 ini. Setelah sebelumnya tahun 2020 gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) tidak penuh, tahun ini pemerintah berjanji memberikannya secara penuh.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani. Menurutnya pemerintah akan memberikan gaji ke-13 dan THR tetap utuh meskipun masih dalam situasi pandemi.

"Direncanakan pemberian THR dan Gaji ke-13 dalam tahun 2021 secara full," ungkapnya kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Anggaran untuk THR dan gaji ke-13 sudah dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021. Diharapkan bisa membantu para PNS untuk tetap melakukan belanja.

"Saat ini rencananya sama dengan kebijakan sebelum Covid-19. Nanti akan dilakukan monitoring implementasinya di 2021, sebelum dilaksanakan," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kebijakan THR dan Gaji ke-13 PNS sudah tercantum di dalam Undang-Undang APBN Tahun 2021. Juga masuk di dalam alokasi yang telah diperhitungkan di dalam alokasi dasar formula untuk daerah yaitu Dana Alokasi Umum (DAU) daerah.

Adapun total DAU termasuk di dalamnya komponen gaji-13 dan THR sebesar Rp 390,2 triliun. Sama seperti pemberian gaji maka pemberian THR dan Gaji ke-13 diberikan kepada PNS aktif hingga pensiunan. Anggaran setiap tahunnya pun selalu disiapkan.


Ini Rincian Lengkap Gaji & Tunjangan yang Diterima PNS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading