Jokowi Resmikan Bendungan 'Mampir Dulu' Cegah Banjir Banten

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
04 March 2021 16:00
Jokowi resmikan Bendungan Sindang Heula, Banten, (4/3/2021). (Tangkapan layar Youtube Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Sindang Heula, di Provinsi Banten, Kamis (4/3/2021). Ini merupakan bendungan keempat yang diresmikan Jokowi sejak awal 2021.

Sebelumnya, kepala negara telah meresmikan pengoperasian Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur, Bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya, Kalimantan Selatan, dan Bendungan Napun Gate di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

"Alhamdulillah Bendungan Sindang Heula (artinya mampir dulu) yang dibangun sejak 2015 ini sudah selesai dan siap difungsikan," kata Jokowi saat memberikan sambutan peresmian secara virtual.


Bendungan ini memiliki kapasitas 9,3 juta meter kubik dan diharapkan dapat mengairi irigasi terhadap 1.280 hektare sawah yang ada di wilayah Serang, Banten. Kehadiran bendungan ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar.

"Bendungan ini juga menyediakan air baku bagi daerah industri yang berkembang di kabupaten Serang, Cilegon. Bendungan ini mampu menyediakan air baku 0,80 meter kubik per detik dan sudah mulai digunakan separuhnya," katanya.

Jokowi kemudian mengklaim bendungan ini juga dapat mengendalikan luapan banjir hingga 0,50 meter kubik per detik. Selain itu, bendungan ini juga dapat berfungsi sebagai pembangkit listrik dengan arus tegangan hingga 0,40 mega watt.

"Sehingga ke depan bisa dimanfaatkan Provinsi Banten dan kita tidak ingin tergantung pada energi fosil karena nanti akan hydro power," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading