Jokowi Ungkap Marketplace Bunuh UMKM, Ternyata Ini Pemicunya

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
04 March 2021 14:01
Peresmian pembukaan rapat koordinasi nasional penanggulangan bencana Tahun 2021, (3/3/2021). (Tangkapan layar Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menjawab informasi yang disampaikan Presiden Jokowi soal adanya praktik perdagangan digital yang berpotensi membunuh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di dalam negeri. Lutfi mengaku sudah menemukan indikasinya.

"Indikasinya sudah ada, kita sedang pelajari, dan kita perhatikan apakah orang yang mau jualan atau membeli di pasar Indonesia harus mengikuti peraturan Indonesia," katanya dalam Konferensi Pers Pembukaan Rapat Kerja Kemendag 2021, Kamis (4/3/21).

Indikasi tersebut adalah munculnya pelanggaran perdagangan dengan cara predatory pricing yang membuat pasar rusak. Salah satu potensi besarnya ada di marketplace ternama.


"Memastikan nggak ada aktivitas yg hancurkan kompetisi dengan cara terlarang yaitu predatory pricing atau harga yang disiapkan untuk menghancurkan kompetisi, dan ketika kompetisi rusak, baru dinaikkan harganya sesuai dengan apa yang mesti didapatkan," sebut Lutfi.

Meski demikian, tetap harus ada penyelidikan yang tuntas sampai kasus ini benar-benar jelas. Kementerian Perdagangan harus menyelidiki agar jika memang ada, maka tidak banyak lagi korbannya yang berjatuhan.

"Untuk perdagangan digital saya ingin memberikan indikasi, meski stand to be corrected karena mesti ada investigasinya dan mesti kita selidiki lebih jauh. Dan kita Negara hukum dimana praduga tak bersalah adalah sesuatu yang sangat penting sampai terbukti," katanya.

Ketika hasil penyelidikan itu memberikan bukti pelanggaran yang konkrit, maka perlu ada sanksi tegas demi mencegah kejadian serupa terulang. Sehingga muncul ketertiban perdagangan atau memastikan tidak ada pedagang atau pembeli yang curang dalam masalah ini.

Apalagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah mengendus adanya praktik perdagangan digital yang berpotensi membunuh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) domestik.

Pengakuan tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (4/3/2021).

"Baru minggu kemarin saya sudah sampaikan ke pak Menteri Perdagangan ini ada yang engak bener ini di perdagangan digital kita. Membunuh UMKM," tegas Jokowi.

Jokowi meminta jajarannya untuk menindak praktek perdagangan digital yang berperilaku tidak adil terhadap UMKM. Jokowi meminta agar oknum-oknum yang dimaksud diperingatkan.

"Diperingkatkan karena kita harus membela, melindungi, dan memberdayakan UMKM kita agar naik kelas. Ini salah satu tugas terpenting Kementerian Perdagangan," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading