Menkes BGS Curhat Beratnya Target Vaksinasi 1 Tahun

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
03 March 2021 15:10
Vaksinasi wartawan. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada problem vaksinasi yang sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo vaksinasi yang bisa dilakukan 15 bulan, harus selesai dalam waktu 1 tahun.

"Problem utama kesediaan vaksin. Sampai Juni baru ada 90 juta vaksin yang didatangkan. Karena vaksin jadi rebutan di seluruh dunia. Banyak dunia belum dapat jatah. Meski negara maju seperti Australia dan Jepang, kita beruntung," katanya dalam Peresmian Pos Pelayanan Program Vaksinasi Covid-19 Drive Thru di Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Catatannya baru ada 90 juta dosis vaksin atau 45 juta orang yang bisa divaksinasi sampai Juni. Setelah itu, baru dosis lebih banyak akan datang tepatnya pada Juli.


"Berat adalah semester 2 akan ada 140 juta yang harus disuntik dalam 6 bulan. 6 bulan pertama hanya 45 juta. Itu akan masalah, hitungan saya 1-2 juta per hari," katanya.

Untuk itu, guna bisa menjalankan 1-2 juta vaksinasi per hari harus dilakukan pelatihan dari sekaran. Artinya dalam hal ini pemerintah tak bekerja sendiri. Dibutuhkan peran swasta dan pihak lain, misalnya seperti halodoc.

"Jadi saya ucapkan untuk Gojek, Halodoc, Hermina. Terima kasih banyak Kemayoran. Semoga bisa menggerakkan motivasi semua komponen bangsa," tegasnya.

Sebagai informasi, Halodoc menggandeng Gojek sebagai mitra transportasi dan komunikasi, Rumah Sakit Hermina sebagai tim medis di lapangan sekaligus vaksinator, dan BLU Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) sebagai penyedia area untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dibuka hari ini, 3 Maret 2021.

Menghadirkan layanan drive thru yang tersebar di 11 kota di Indonesia, Halodoc memfasilitasi kemudahan akses pembuatan janji secara digital, pengelolaan Pos Pelayanan Covid-19, serta penerbitan sertifikat digital vaksinasi Covid-19.

Tahap awal vaksinasi Covid-19 drive thru akan diperuntukkan khusus bagi masyarakat lanjut usia yang memiliki KTP DKI Jakarta dengan target hingga ribuan dosis vaksin setiap harinya.

Sebagai mitra komunikasi dan transportasi, Gojek berperan dalam memberikan akses penjadwalan melalui layanan GoMed yang terintegrasi dengan Halodoc dan menyediakan armada GoCar di area vaksinasi untuk mendukung peserta yang datang tanpa kendaraan sehingga adopsi protokol kesehatan serta keamanan tetap terjaga.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading