Menkeu: Beli Mobil Sekarang Saja, Juni Diskon PPnBM Berkurang

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
01 March 2021 18:19
Menteri Keuangan Sri mulyani Memberikan Keterangan Pers mengenai APBN KITA (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyarankan kepada masyarakat apabila ingin membeli mobil baru dengan harga diskon atau bebas Pajak Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) ditanggung pemerintah (DTP) 100% sebaiknya segera membeli.

"Kalau mau beli mobil sebaiknya sekarang, karena sampai Mei PPnBM 100% ditanggung pemerintah. Kalau anda berencana belinya Juni - Agustus 2021, PPnBM diskon 50% ditanggung pemerintah dan membelinya September - Desember tahun ini, PPnBM ditanggung pemerintah 25%," jelas Sri Mulyani dalam konferensi pers, Senin (1/3/2021).

Ia menuturkan PPnBM tersebut diberikan untuk segmen sedan dan 4x2 dengan kapasitas mesin di bawah 1500 cc. Selain itu, fasilitas pajak diberikan untuk kendaraan yang memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 70%.


"Kenapa dibatasi di dua kelompok ini? Terutama kelompok menengah perlu stimulus dan ada keterkaitan industri besar. Dan local purchase dari kedua kelompok kendaraan ini kendaraan ini di atas 70%. Jadi kalau demand meningkat maka ada multiplier karena local purchase di atas 70%," tuturnya.

Dalam menanggung PPnBM untuk pembelian mobil baru tersebut, Sri Mulyani mengatakan pihaknya telah menyiapkan dana sebesar Rp 2,29 triliun. Dana tersebut masuk dalam pagu anggaran insentif usaha dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang sebesar Rp 58,46 triliun.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading