Catatan Akhir Tahun Sri Mulyani, Sebut Diguncang & Dihempas

News - sef, CNBC Indonesia
01 January 2022 10:10
Catatan akhir tahun 2021 (Tangkapan Layar via Instagram @smindrawati)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan catatan akhir tahun di akun Instagram pribadinya @smindrawati. Ia menulis bagaimana optimisme dan harapan memasuki 2021, telah diguncang dan dihempas karena varian Delta.

"Sewaktu memasuki tahun 2021, ada rasa optimisme dan harapan, karena kita telah meninggalkan tahun 2020 yang sungguh kelam akibat pandemi Covid-19. Namun harapan diguncang dan dihempas oleh varian Delta," tulisnya dikutip CNBC Indonesia, Sabtu (1/1/2022).




Varian Covid-19 itu, tulisnya, membuat rumah sakit penuh. Ia pun memaparkan bagaimana kehidupan kembali terhenti dan ekonomi kembali mandek.

"Pasien membludak hingga lorong dan tempat parkir. Tabung oksigen habis, maut menjemput korban yang bertumbangan. Setiap hari ada kabar duka," tulisnya.

"APBN kembali terguncang, Pendapatan negara tergerus. Belanja melambung untuk membangun rumah sakit darurat, membayar perawatan ribuan pasien Covid, memberi insentif Tenaga Kesehatan," tambahnya.

Meski demikian, ia mengutarakan APBN tetap hadir meringankan beban rakyat. Di ataranya dengan bantuan sosial (bansos).

"Bansos untuk rakyat dan pedagang kaki, buruh dengan upah paling kecil. APBN membayar akses internet bagi pelajar dan guru, memberi diskon listrik," tulisnya lagi.

Ia pun berharap meski tahun 2021 dilalui dengan sulit, tahun 2022 akan diawali dengan pemulihan ekonomi. Sehingga APBN bisa disehatkan kembali.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pertimbangan Sri Mulyani Naikan Cukai Rokok 2022 Sebesar 12%


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading