Dapat Penghasilan Dari Luar Negeri, Bayar Pajaknya di Mana?

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
01 March 2021 15:28
Ingat! Tak Lapor SPT Bisa Masuk Bui

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan menjelaskan bahwa seluruh penghasilan yang diterima oleh wajib pajak (WP) baik yang berasal dari dalam maupun luar Indonesia adalah objek pajak. Dengan demikian, maka penghasilan tersebut wajib dibayarkan pajaknya.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Neilmaldrin Noor mengatakan, dengan ketentuan tersebut maka harta atau penghasilan WP yang berasal dari luar negeri wajib pula dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan.

Menurutnya, jika pajak penghasilannya sudah dipotong dari luar negeri, maka di SPT hanya sebatas laporan dan tidak akan dikenakan pajak lagi. Sedangkan jika belum dibayarkan maka bisa dibarengi dengan pembayaran pajak di tahun yang sama.


"Pajak yang dibayar atau terutang di luar negeri atas penghasilan dari luar negeri yang diterima Wajib Pajak boleh dikreditkan terhadap pajak terutang dalam tahun pajak yang sama," ujar Neilmaldrin kepada CNBC Indonesia, Senin (1/3/2021).

Ia menjelaskan, pelaporan pajak atas penghasilan dan harta dari luar negeri ini tertuang dalam Pasal 24 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008.

Adapun tata cara pelaporan pajak dari penghasilan luar negeri di SPT Tahunan sama dengan pelaporan PPh Pasal 21 Karyawan dan PPh OP (Orang Pribadi) yakni menggunakan formulir 1770S atau 1770.

"Penghasilan dari luar negeri tersebut tetap dilaporkan pada SPT Tahunan Wajib Pajak yang bersangkutan," jelasnya.

Selain itu, ia menekankan bahwa WP tidak perlu khawatir jika pembayaran pajaknya dilakukan dua kali atau double. Sebab, saat ini DJP telah melakukan kerjasama dengan negara lainnya melalui Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda (P3B) atau tax treaty.

"Kita sudah melakukan tax treaty dengan beberapa negara mitra agar tidak ada pembayaran pajak yang terkesan double," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading