Bendungan Banyak Dibangun, Jokowi: Saya Yakin NTT Makmur!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
23 February 2021 18:24
Presiden Joko Widodo pada peresmian Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan kemarin (18/2). Bendungan ini akan dimanfaatkan untuk pengairan kurang lebih 5.472 hektare lahan pertanian setempat, menyediakan air baku hingga 500 liter per detik, dan berpotensi menyediakan tenaga listrik sebesar 3,3 megawatt. (Dok: Biro Pers Setpres) Foto: Presiden Joko Widodo pada peresmian Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan kemarin (18/2). Bendungan ini akan dimanfaatkan untuk pengairan kurang lebih 5.472 hektare lahan pertanian setempat, menyediakan air baku hingga 500 liter per detik, dan berpotensi menyediakan tenaga listrik sebesar 3,3 megawatt. (Dok: Biro Pers Setpres)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Napun Gete, di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (23/2/2021). Ini merupakan bendungan ketiga yang diresmikan Jokowi pada bulan ini.

Berbicara saat peresmian, Jokowi mengemukakan saat ini sudah ada tiga dari tujuh bendungan di NTT yang sudah diresmikan yaitu Bendungan Raknamo, Rotiklot, dan Napun Gete.

"Tinggal empat bendungan dalam proses. Tapi tadi pagi Gubernur menyampaikan kepada saya minta tambah dua lagi, padahal provinsi paling banyak itu dua atau satu. Tapi ya memang di sini dibutuhkan," kata Jokowi.


Adapun empat bendungan lain yang masih dalam proses pengerjaan yaitu Bendungan Temef, Manikin, Lambo, dan Kolhua.

Pembangunan Bendungan Napun Gete menelan biaya sebesar Rp 880 miliar, di mana kontraktor proyek ini dilakukan oleh PT Nindya Karya (Persero) sejak Januari 2017 silam.

Bendungan seluas 99 hektare tersebut dibangun dengan kapasitas air hingga 11,2 juta meter kubik yang diperkirakan mampu mengairi area irigasi sekitar seluas 300 hektare.

"Ini sebuah lompatan yang tidak kecil, tetapi produktivitas itu betul-betul harus dimunculkan. Jangan hanya pertanian saja, limbah pertanian bisa dipakai untuk makanan ternak," jelasnya.

Jokowi berharap, kehadiran bendungan ini bisa membuat masyarakat sekitar semakin produktif. "Saya yakin tidak lama lagi NTT akan makmur dan tidak menjadi provinsi yang kategorinya kalau di negara kita masih pada kondisi yang kurang," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading