'Ngadu' ke Jokowi, Gubernur Ini Minta Dibuatkan Bendungan

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
23 February 2021 14:45
Kunjungan Kerja Presiden Jokowi ke NTT Foto: CNBC Indonesia TV

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku mendapatkan permintaan khusus dari Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat untuk membuat bendungan di Kabupaten Sumba Tengah, NTT.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi usai meninjau lumbung pangan raksasa (food estate) di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur yang disiarkan secara virtual, Selasa (23/2/2021).

"Pak Gubernur minta dibuatkan satu bendungan untuk di Kabupaten Sumba Tengah dan sekitarnya," kata Jokowi,


Jokowi mengaku telah menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk mengkalkulasi apakah pemerintah bisa segera membangun bendungan atau embung di wilayah ini.

"Kemudian ditambah embung, dan juga sumur bor. Diikuti dengan nanti Kementerian Pertanian untuk membantu kekurangan alsintan, traktor terutama di sini sangat dibutuhkan sekali," katanya.

Jokowi mengatakan, kondisi pertanian di Sumba Tengah cukup memperihatinkan. Dalam satu tahun, wilayah ini hanya mampu panen satu kali, jauh di bawah rata-rata wilayah lainnya.

"Problemnya adalah memang masih, di seluruh NTT sama , yaitu masalah air. Memang kuncinya ada di air. Kita lihat sudah dibangun di 2015, di 2018 sumur bor yang masuk ke sawah. Juga ada embung di sini. Embung besar juga sudah dibangun, tapi masih jauh dari cukup, Masih kurang," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading