Simak, Ini 11 Poin Penting Strategi Besar Energi RI

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
19 February 2021 12:08
PHE WMO operasikan kembali anjungan PHE 12. (Dok. Pertamina Hulu Energi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memiliki visi mencapai ketahanan energi nasional, terutama ketika kebutuhan akan energi saat ini terus mengalami peningkatan, sementara kapasitas suplai di dalam negeri terbatas.

Produksi minyak mentah dalam negeri terus mengalami penurunan, sehingga impor minyak mentah dan bensin terus meningkat. Tidak hanya minyak, dalam memenuhi kebutuhan liquefied petroleum gas (LPG) juga masih didominasi dari impor.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, tantangan lain yang dihadapi sektor energi nasional yakni ekspor batu bara yang mengalami tekanan, serta infrastruktur gas dan kelistrikan belum terintegrasi.


Guna menghadapi segala tantangan di sektor energi tersebut, menurutnya pemerintah kini tengah menyusun strategi besar (grand strategy) sektor energi.

"Kami menyusun grand strategy sektor energi untuk menciptakan ketahanan dan kemandirian energi di masa depan," ungkapnya dalam webinar, Kamis (18/02/2021).

Adapun beberapa poin penting dalam draf strategi besar sektor energi ini antara lain:

1. Mendorong produksi minyak 1 juta barel per hari (bph) pada 2030 dan mengakuisisi ladang minyak luar negeri untuk kebutuhan kilang.

2. Meningkatkan kapasitas kilang BBM.

3. Mengoptimalkan penggunaan gas, misalnya konversi BBM ke Bahan Bakar Gas (BBG) untuk kendaraan dan pemanfaatan gas untuk industri.

4. Meningkatkan penggunaan kendaraan listrik melalui Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

5. Mengakselerasi penggunaan energi baru terbarukan (EBT) untuk pembangkit listrik.

6. Meningkatkan produksi LPG dari dalam negeri.

7. Meningkatkan konstruksi jaringan gas kota.

8. Mendorong penggunaan kompor listrik.

9. Mendorong program gasifikasi batu bara, yakni mengolah batu bara kalori rendah menjadi Dimethyl Ether (DME)sebagai substitusi LPG.

10. Membangun terminal penerima gas dan liquefied natural gas (LNG).

11. Membangun jaringan transmisi dan distribusi listrik, serta jaringan pintar berbasis informasi dan teknologi (smart grid) di sektor ketenagalistrikan.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading