Bansos Jokowi 2021: Kartu Pra Kerja 12 hingga Uang Cash

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
18 February 2021 10:36
Petugas Pos Indonesia menyalurkankan bantuan sosial (bansos) ke pemukiman di wilayah Kenari, Jakarta Pusat, Rabu (6/1/2021). Pemerintah telah meresmikan penyaluran bantuan tunai se-Indonesia hari ini.  (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan program bantuan sosial (bansos) maupun perlindungan sosial bagi masyarakat akan kembali dilanjutkan pada tahun ini.

Berbicara saat memberikan pengarahan dalam pagelaran Sidang MPL-PGI beberapa waktu lalu, Jokowi mengatakan setidaknya ada sekitar tujuh program bantuan sosial yang akan kembali dilanjutkan.

"Di tahun 2021, program perlindungan sosial tetap dilanjutkan," kata Jokowi dikutip, Kamis (18/2/2021).


Berbagai program yang dimaksud antara lain program kartu sembako, program keluarga harapan, bantuan sosial tunai, kartu pra kerja, bantuan langsung tunai desa, insentif bagi tenaga kesehatan, serta insentif bagi pelaku UMKM.

"Ada insentif tenaga kesehatan dan pemberian insentif usaha, termasuk Bantuan Modal Kerja bagi UMKM agar mampu bertahan dan bergerak kembali," katanya.

Jokowi mengatakan, pemerintah akan terus berupaya memulihkan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19. Pemerintah, kata dia, pun telah menyiapkan anggaran yang cukup besar untuk mengatasi hal ini.

"Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 372,3 triliun untuk mendongkrak daya beli dan konsumsi masyarakat, serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional," jelasnya.

Pada tahun ini, pemerintah menyiapkan alokasi anggaran untuk bantuan sosial sebesar Rp 110 triliun. Dana tersebut akan disebar dari Sabang hingga Merauke, dan Miangas hingga Pulau Rote.

"Artinya, bantuan ini kita mulai hari ini disalurkan kepada 34 provinsi," kata Jokowi saat memberikan pengarahan dalam peluncuran bantuan tunai se-Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading