Updated

Pasar Masih Suram, Ada Merek Mobil Terjual Tak Lebih 100 Unit

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
15 February 2021 17:45
Ratusan mobil siap ekspor terparkir di Tanjung Priok Car Terminal, Jakarta Utara, Rabu (5/9/2018). Pemerintah akan menyiapkan insentif untuk menambag gairah bagi pabrikan otomotif yang akan  mengekspor mobilnya ke luar Indonesia. Dalam data ekspor milik Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) tercatat ada 10 merek mobil yang mengekspor mobilnya secara utuh alias CBU. Merek-merek mobil tersebut adalah Toyota, Daihatsu, Suzuki, Mitsubishi, Nissan, Honda, Datsun, Hyundai, Honda, Hino, dan Chevrolet.

Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar mobil di Indonesia memang masih suram di tengah harapan adanya pemantik baru kebijakan PPnBM 0% dan DP 0% pada Maret nanti. Penjualan mobil pada Januari masih menunjukkan penurunan secara bulanan atau tahunan meski jauh lebih baik dibandingkan awal pandemi.

Data Gaikindo  yang dirilis oleh Astra menunjukkan hanya beberapa merek tertentu yang bisa tersenyum dengan penjualan lebih banyak dibandingkan mereka lain yang belum beruntung. Nissan misalnya, pada Januari 2021 hanya menjual 100 unit, atau rata-rata tak lebih dari 4 unit per hari. Peugeot malah hanya menjual 34 unit, atau sekitar 1 unit per hari. Berdasarkan data itu juga UD Truck tercatat tak menjual sama sekali.

Namun, Marketing and Business Development Head PT UD Astra Motor Indonesia Christine Arifin mengklarifikasi  bahwa UD Trucks pada bulan Januari 2021 berhasil menjual 130 unit Quester. 


Ia juga menegaskan soal laporan bahwa UD Trucks tidak melakukan penjualan adalah pernyataan yang tidak tepat karena tidak mempertimbangkan keseluruhan proses bisnis kendaraan komersial terutama di UD Trucks. (Pernyataan ini ditambahkan pada Rabu (17/2), pukul 13.30)

Pada Januari 2021, Toyota menjadi pemimpin pasar yang mencatatkan penjualan 16.047 unit, lalu dibayangi Mitsubishi sebanyak 9.108 unit. Capaian Mitsubishi ini tentu kabar baik setelah sebelumnya hanya di posisi ketiga atau keempat. Sedangkan posisi ketiga diduduki oleh Daihatsu yang menjual 8.993.

Data Gaikindo, Senin (15/2) menunjukkan penjualan mobil (wholesales) pada Januari 2021 tercatat hanya 52.910 unit atau turun 8% dibandingkan penjualan Desember 2020 yang sempat mencapai 57.507 unit.

Sedangkan dibandingkan dengan Januari 2020, penjualan bulan lalu lebih parah dengan penurunan sampai 34%. Capaian ini menunjukkan dampak pandemi covid-19 belum berakhir bagi pasar mobil di Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading