Simak, Pemerintah Tetapkan Target Inflasi Hingga 2024

News - Lidya Julita S., CNBC Indonesia
12 February 2021 15:25
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto  dalam acara Mandiri Investment Forum (Tangkapan Layar Youtube Bank Mandiri)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah menetapkan target sasaran inflasi hingga tiga tahun ke depan. Target tersebut akan dicapai untuk 2022, 2023 dan 2024.

Target sasaran ini ditetapkan dalam rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) yang digelar secara daring pada 11 Februari 2021.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, sasaran inflasi yang disepakati adalah sebesar 3% ± 1% untuk 2022, 3% ± 1% untuk 2023 dan 2,5% ± 1% untuk 2024. Target ini akan ditetapkan kemudian melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK).


"Sasaran inflasi tersebut diharapkan bisa menjangkar pembentukan ekspektasi inflasi masyarakat ke depan, terutama dalam mendukung proses pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktural," ujarnya melalui keterangan resmi yang dikutip Jumat (12/2/2021).

Adapun rakor TPIP ini dipimpin oleh Menko Airlangga yang dihadiri juga oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati serta Menteri terkait lainnya.

Menurutnya, ke depan, Pemerintah dan Bank Indonesia, baik di tingkat pusat maupun daerah, berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi agar inflasi IHK tetap terjaga. Upaya tersebut diharapkan bisa semakin mendorong peningkatan daya beli masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Inflasi yang rendah dan stabil diharapkan bisa mendukung pemulihan perekonomian serta pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkesinambungan menuju Indonesia Maju," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading