Lido Bogor & JIIPE Gresik Jadi KEK, Tarik Investasi Rp 270 T

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
12 February 2021 08:26
Airlangga Hartanto, keterangan pers setelah rapat terbatas

Jakarta, CNBC Indonesia - Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (DN-KEK) menyetujui pembentukan 2 KEK baru yaitu KEK Lido di Provinsi Jawa Barat dan KEK JIIPE di Provinsi Jawa Timur pada Sidang Dewan Nasional KEK yang diselenggarakan pada Rabu (10/2/2021).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, yang juga merupakan Ketua Dewan Nasional KEK, mengatakan kedua usulan KEK telah disetujui dan telah menjadi rekomendasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan diharapkan akan mampu menghadirkan investasi dan menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang signifikan.

Usulan KEK Lido adalah KEK Pariwisata dengan rencana bisnis pengembangan atraksi (theme park kelas dunia, lapangan golf, serta retail and dining), pengembangan akomodasi (six stars luxury resort, hotel berbintang lainnya, serta pengembangan TOD), dan pengembangan ekonomi kreatif (studio film dan festival musik).


Kehadiran theme park yang akan dibangun di dalam KEK Lido, Bogor, diprediksi akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) hingga mencapai 63,4 juta orang sampai 2038 atau rata-rata 3,17 juta wisatawan per tahun.

Inflow devisa dari wisman serta penghematan outflow devisa dari wisnus dapat mencapai US$ 4,1 miliar atau setara dengan Rp 57 triliun selama 20 tahun.

"KEK Lido diharapkan betul-betul bisa mendorong pariwisata di Indonesia. Hasilnya harus jelas, turis ke Jawa Barat juga harus yang berkualitas internasional. Ini harus menjadi yang premium juga, dan devisanya pun juga premium," katanya dalam siaran pers, Jumat (12/2/2021).

Usulan KEK JIIPE (Java Integrated Industri and Port Estate) yang berlokasi di Kota Gresik Provinsi Jawa Timur, diproyeksikan akan mampu menghadirkan investasi senilai US$ 16,9 miliar atau Rp 237 triliun dengan serapan tenaga kerja mencapai 199.818 orang pada saat beroperasi penuh.

Sementara itu, usulan KEK Lido diproyeksikan akan menarik investasi hingga mencapai US$ 2,4 miliar atau Ro 34 triliun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 29.545 orang di tahun ke-20. Artinya keduanya bisa menarik investasi US$ 19,3 miliar atau setara Rp 270 triliun.

NEXT: Deretan pengembangan KEK RI

Ini Dia Daftar Pengembangan KEK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading