Internasional

4 Bom Drone Serang Bandara Arab, Pesawat Sipil Tertembak

News - sef, CNBC Indonesia
12 February 2021 06:55
In this photo released on Wednesday, Jan. 6, 2021 by the Iranian army, a drone is launched during a military exercise in undisclosed location in Iran. On Tuesday, the Iranian military began a wide-ranging, two-day aerial drill in the country's north, state media reported, featuring combat and surveillance unmanned aircraft, as well as naval drones dispatched from vessels in Iran's southern waters. (Iranian Army via AP)

Jakarta, CNBC IndonesiaArab Saudi kembali diserang bom drone. Dilaporkan Reuters, kejadian tersebut terjadi Rabu (10/2/2021) di Bandara Abha, di selatan negara itu dan menyebabkan sebuah pesawat sipil tertembak.

Kelompok Houthi di Yaman mengaku bertanggung jawab dengan serangan tersebut. Juru Bicara militer Houthi, Yahya Sarea mengatakan empat drone memang diluncurkan organisasi tersebut sore.


Pasukan koalisi juga membenarkan hal ini. Kebakaran terjadi d sebuah pesawat sipil.

"Upaya untuk menargetkan bandara Abha adalah kejahatan perang dan membahayakan nyawa pelancong sipil," kata pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi dikutip Jumat (12/2/2021).

Dalam seminggu terakhir pasukan koalisi melaporkan banyaknya drone yang mencoba menyerang sejumlah wilayah Arab Saudi. Pada hari yang sama, pasukan koalisi telah mencegah dua drone yang mengarah ke warga sipil.

Hal yang sama juga dilakukan pada Minggu dan Senin lalu. Kelompok Houthi juga sempat melemparkan drone ke Riyadh meski dapat dicegah.

Sementara itu, dikutip dari AFP, sebuah gambar dirilis media pemerintah Arab Saudi. Gambar tersebut menunjukkan badan pesawat Airbus 320 yang menghitam setelah serangan tersebut,

Pesawat tersebut bahkan bolong karena drone. Melansir Daily Mail, pesawat berusia 3 tahun dan diterbangkan maskapai berbiaya rendah FlyADeal. Disebutkan tak ada korban dalam kejadian tersebut.

Pertikaian antara Houthi dan Arab Saudi terjadi sejak negeri Raja Salman "masuk" ke konflik Yaman pada 2015. Arab Saudi mendukung pemerintah Yaman yang diakui secara internasional.

Konflik sengit antara pemberontak Houthi yang didukung Iran dan pemerintah yang didukung oleh koalisi militer pimpinan Saudi telah menyebabkan puluhan ribu orang tewas dan jutaan orang terlantar. Yaman kini terjerumus sebagai negara termiskin di Jazirah Arab.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading