Kabar Baik! 2 Bendungan Anti Banjir Jakarta Selesai Juni 2021

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
02 February 2021 16:05
Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan pembangunan Bendungan Sukamahi di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/12/2018).

Jakarta, CNBC Indonesia - Proses pembangunan bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Bogor Jawa Barat ditargetkan selesai pada bulan Juni 2021. Dua pembangunan bendungan ini diharapkan dapat mengurangi ancaman banjir untuk wilayah Jakarta.

"Target selesai Juni," kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jarot Widoyoko kepada CNBC Indonesia, Selasa (2/1/2021).

Kedua bendungan ini merupakan bagian dari rencana induk pengendalian banjir Jakarta. Dua bendungan ini juga merupakan bendungan kering yang pertama kali dibangun di Indonesia.


Pembangunan dua bendungan ini merupakan salah dua dari 13 bendungan yang selesai di tahun ini. Mulai dari Paselloreng, Ladongi, Margatiga, Pidekso, Tugu, Ciawi, Sukamahi, Bintang Bano, Gongseng, Way Sekampung, Bendo, Karalloe, Kuningan.

Pekerjaan Bendungan Ciawi dimulai pada Desember 2016 dengan kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya dan PT Sacna yang ditargetkan selesai di awal 2021. Bendungan Ciawi direncanakan memiliki volume tampung 6,05 juta meter kubik, sementara bendungan Sukamahi dengan volume tambung 1,68 juta meter kubik.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading