Siap-Siap, Luhut Bakal Bawa Danau Toba ke Kancah Wisata Dunia

News - Sandi Ferry, CNBC Indonesia
29 January 2021 18:55
Danau Toba (CNBC Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Di tengah pandemi Covid-19 yang telah banyak membuat pelaku usaha pariwisata di banyak tempat menjadi sekarat, pemerintah nampaknya menaruh perhatian pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menilai pengembangan sumber daya manusia di DPSP tersebut harus berjalan.

Teranyar, Luhut mendorong adanya pelatihan masyarakat agar dapat berkontribusi dalam membangun pariwisata Danau Toba. Salah satu langkahnya yaitu melalui Nota Kesepahaman (MoU) Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) dengan Institut Teknologi Del di Toba Samosir, Sumatera Utara dan Perjanjian Kerja Bersama Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kementerian Tenaga Kerja dengan PT Toba Tenun Sejahtera.


"Kita bawa Danau Toba ke panggung wisata dunia yang tanpa batas," kata Luhut yang juga menjabat Ketua Pembina Yayasan Del tersebut, seperti dikutip dalam keterangan resmi, Jumat (29/01/2021).

Upaya untuk membangkitkan pariwisata tidak lepas dari memburuknya pariwisata saat ini. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menyampaikan bahwa pariwisata di Indonesia merupakan sektor yang paling terdampak dengan adanya pandemi Covid-19.

"Covid-19 sangat berdampak pada sektor pariwisata dan hal itu juga pasti berdampaknya pada sektor ketenagakerjaan. Hampir 6,5 juta orang nyaris terpangkas pendapatannya karena dampak yang luar biasa ini," keluhnya.

Demi membangkitkan sektor ini, maka faktor penunjang lainnya seperti seni budaya dan kuliner merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk mendukung pariwisata.

"Kemajuan pengembangan sektor pariwisata adalah mengembangkan sektor seni budaya dan kuliner yang tidak dimiliki daerah lain, sehingga bisa berkelanjutan. Kita wajib mengolah keunggulan daerah yang kita miliki," kata Staf Ahli Menko Bidang Konektivitas Maritim Sahat Manaor Panggabean.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading