Ekspansi PT Smelting, Freeport Kurangi Kapasitas Smelter Baru

News - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
28 January 2021 16:38
Lahan Smelter Freeport  di Gresik (CNBC Indonesia/Wahyu Daniel)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Freeport Indonesia akan mengurangi kapasitas pengolahan konsentrat tembaga di smelter baru yang rencananya akan dibangun di kawasan industri terintegrasi JIIPE, Gresik, Jawa Timur.

Berdasarkan laporan Freeport McMoran (FCX), pemegang 48,76% PT Freeport Indonesia, kapasitas pengolahan konsentrat di smelter tembaga baru tersebut akan dikurangi menjadi 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun dari mulanya direncanakan sebesar 2 juta ton konsentrat per tahun.


Hal ini dikarenakan adanya ekspansi kapasitas di smelter yang telah beroperasi saat ini yang dikelola PT Smelting yang juga berlokasi di Gresik, Jawa Timur.

"Ekspansi PT Smelting akan mengurangi rencana pengembangan smelter baru PTFI dari 2 juta ton konsentrat per tahun menjadi 1,7 juta ton per tahun," ungkap siaran pers Freeport McMoran tentang laporan akhir tahun 2020 belum lama ini.

Berdasarkan laporan perusahaan, PTFI telah berbicara dengan pemegang saham mayoritas PT Smelting, yakni Mitsubishi Materials Corporation (MMC), untuk proyek ekspansi ini. Adapun peningkatan kapasitas di smelter yang telah ada tersebut direncanakan akan naik 30% atau sekitar 300 ribu ton konsentrat per tahun.

Dengan demikian, kapasitas pengolahan konsentrat tembaga PT Smelting akan naik menjadi 1,3 juta ton dari saat ini 1 juta ton per tahun.

"PTFI akan terus mengevaluasi proyek smelter baru yang berlokasi di Jawa Timur ini sejalan dengan diskusi dengan pihak ketiga untuk mengembangkan smelter baru di lokasi alternatif lainnya," ungkap FCX dalam keterangan resminya tersebut.

Seperti diketahui, PTFI telah meminta penundaan mulai beroperasinya smelter baru di Gresik ini kepada Pemerintah Indonesia karena sempat terkendala pandemi Covid-19 pada tahun lalu yang membatasi mobilitas pekerja dan rencana pembangunan proyek.

Mulanya, smelter baru ini ditargetkan beroperasi pada 2023, namun karena terkendala pandemi diperkirakan akan tertunda setahun menjadi 2024.

"PTFI terus berdiskusi dengan pemerintah Indonesia untuk penangguhan jadwal proyek, begitu juga dengan alternatif lainnya akibat dampak pandemi Covid-19 dan kondisi ekonomi global yang masih tak menentu," tulis laporan tersebut.

Berdasarkan laporan FCX, PTFI memproduksi 809 juta pon tembaga sepanjang 2020, naik 33% dibandingkan 2019 yang sebesar 607 juta pon. Sementara penjualan tembaga mencapai 804 juta pon pada 2020, naik 20,5% dari 667 juta pon pada 2019. Adapun harga jual rata-rata tembaga pada 2020 mencapai US$ 3,08 per pon, naik dari US$ 2,72 per pon di 2019.

Sementara untuk emas, PTFI memproduksi 848 ribu ons emas pada 2020, turun tipis dari 2019 yang sebesar 863 ribu ons. Sedangkan penjualan emas mencapai 842 ribu ons pada 2020, turun 13,5% dari 2019 yang mencapai 973 ribu ons. Adapun harga jual rata-rata emas pada 2020 mencapai US$ 1.832 per ons, naik dari US$ 1.416 per ons pada 2019.

Sebelumnya, PT Freeport Indonesia dan Mitsubishi Materials Corporation (MMC) pada 13 November lalu menyepakati Nota Kesepahaman (MoU) untuk menambah kapasitas smelter tembaga yang saat ini dioperasikan PT Smelting (PTS) di Gresik, Jawa Timur.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif saat Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI, Senin (23/11/2020).

"Para pihak sepakat untuk melaksanakan ekspansi PT Smelting dengan syarat PTFI menyediakan pendanaan, sehingga kepemilikan saham PTFI di PTS meningkat," ujarnya kepada Komisi VII DPR RI, Senin (23/11/2020).

Dia mengatakan, MMC dan PTS, dengan meminta pertimbangan PTFI, akan memimpin evaluasi desain, strategi kontrak, jadwal pembangunan dan biaya ekspansi PTS. Hal tersebut rencananya akan dikonfirmasi dan dituangkan dalam perjanjian definitif.

Menurutnya, ekspansi smelter ini ditargetkan bisa beroperasi pada Desember 2023. PT Smelting akan terus memurnikan konsentrat PTFI sesuai dengan praktik yang telah berjalan menggunakan MMC. Adapun standar tinggi operasional smelter PTS saat ini disebutkan akan terus dilanjutkan berdasarkan pedoman dari MMC, termasuk setelah diselesaikannya ekspansi PTS.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading