Kasus Covid Nanjak Terus, Percuma Nambah Tempat Tidur RS!

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
28 January 2021 15:58
Tower 9 wisma atlet pademangan siap tampung pasien Covid-19. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sekjen Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), Lia Gardenia Partakusuma mengatakan bahwa saat ini kasus positif di Indonesia masih terus meningkat setiap harinya.

"Tugas kami menurunkan angka kematian, mempercepat kesembuhan, dan menjaga tak banyak infeksi di RS," katanya kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Kamis (28/1/2021).

RS menurutnya juga menyiapkan ruang isolasi yang akan dibagi lagi. Perawatan khusus ICU hingga yang menyediakan ventilator. Belajar dari pengalaman, lanjutnya apabila kasus bertambah, maka persentase pasien akan bertambah.


"1 juta orang terkonfirmasi, 20% diantaranya harus masuk RS karena keluhan sedang dan berat. Kami khawatirkan, berapapun tempat tidur ditambah, tetapi bila tidak ada penurunan kasus, RS kewalahan," tegasnya.

Sehingga, RS terpaksa harus melakukan seleksi lebih ketat lagi bagi pasien yang dilarikan ke IGD. Hal ini untuk menjamin agar hanya pasien yang memerlukan perawatan yang bisa masuk ke RS.

"Kami khawatir angka di emergency di provinsi (dengan kasus tinggi)," katanya.

Berdasarkan data yang diperolehnya, Hingga 2(7/1) menyatakan sudah ada 1,024 juta kasus, sementara kematian 28 ribu. Provinsi dengan jumlah kasus tertinggi juga terus berubah setiap harinya.

"Sudah ada Sulawesi Selatan masuk, Jabar, Jakarta, Jatim, Kaltim, Riau, Sumbar, Bali. Setiap harinya angka berubah," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading