Wah, Indeks Persepsi Korupsi Indonesia di 2020 Turun 3 Poin

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
28 January 2021 13:23
Usai menggeledah rumah pribadi Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir, kemarin, hari ini Penyidik Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) menggeledah Kantor Pusat PT PLN (Persero) di kawasan Melawai, Jakarta Selatan. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Transparency International Indonesia (TII) merilis hasil Indeks PersepsiĀ Korupsi (CPI) 2020, Kamis (28/1/2021). Per 2020, Indonesia mendapatkan skor 37/100 dengan peringkat 102/180 negara.

"Skor ini turun tiga poin dari tahun 2019 lalu yang berada pada skor 40/100. Padahal skor di tahun 2019 adalah pencapaian tertinggi dalam perolehan skor CPI Indonesia sepanjang 25 tahun terakhir," tulis akun Twitter resmi @TIIndonesia.

Menurut TII, ada lima indikator yang merosot dalam penghitungan indeks CPI antara lain Varieties of Democracy Project (dari peringkat 28 menjadi 26), tiga indikator yang stagnan antara lain World Economic Forum EOS (masih di peringkat 46), dan satu indikator naik, yaitu World Justice Project - Rule of Law Index (dari peringkat 21 menjadi 23).

TIIFoto: TII



Lalu, apa sih makna dari capaian CPI itu?

TII menjelaskan dari sisi ekonomi, investasi dan kemudahan berusaha mengalami stagnasi (WEF) bahkan mayoritas turun (PRS; IMD; GI; PERC) pada tahun 2020.


Kemudian dari sisi penegakan hukum, perlu perbaikan kualitas layanan/birokrasi dengan hubungannya terhadap korupsi yang stagnan.

Sementara dari sisi politik dan demokrasi, penurunan skor (VDem) menunjukkan sektor politik masih rentan terhadap kejadian korupsi.

Oleh karena itu, TII merekomendasikan empat hal penting dari hasil CPI 2020 agar segera dilakukan seluruh pemangku kepentingan. Empat rekomendasi itu adalah memperkuat peran dan fungsi lembaga pengawas, memastikan transparansi kontrak pengadaan, merawat demokrasi dan mempromosikan partisipasi warga pada ruang publik, dam mempublikasikan akses data yang relevan.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading