Update Sriwijaya Air! Identifikasi Korban & Dugaan Awal KNKT

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
24 January 2021 13:45
Suasana saat acara tabur bunga korban Sriwijaya Air SJ182 di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat, (22/1/2021). Acara tabur bunga tersebut dilakukan diatas KRI Semarang dalam rangka memberikan penghormatan terakhir kepada korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 di perairan Kepulauan Seribu pada (9/1/2021). (AP/Tatan Syuflana)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan operasi lanjutan evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh pada Sabtu (9/1), bakal dilaksanakan oleh komando Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Salah satu fokus misi yang diutamakan adalah penemuan cockpit voice recorder (CVR).

"KNKT sudah mendapat kesepakatan dari KSAL, TNI, dan Polri untuk melakukan operasi lanjutan dengan yang ada di Pulau Lancang. Tentu apa yang dilakukan diantaranya upaya menemukan CVR dimana presiden juga mengharapkan itu ketemu sehingga analisa oleh KNKT akan Paripurna," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (21/1/2021).


Pencarian CVR akan didukung unsur terkait seperti TNI, Polri, Basarnas, Kemenhub, dan para relawan.

Operasi SAR Dihentikan

Salah satu perkembangan terbaru ialah dihentikannya operasi SAR (pencari dan pertolongan) jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Tapi Basarnas tetap melakukan pemantauan aktif dan KNKT melanjutkan operasi pencarian kota hitam (CVR).

"Untuk tahap awal sudah dilakukan operasi selama 7 hari dan sudah dilakukan perpanjangan sebanyak 2 kali, masing-masing selama 3 hari. Hari ini adalah hari terakhir perpanjangan dan dengan berbagai pertimbangan kami menutup operasi SAR pada hari ini," jelas Menhub.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito mengatakan pihaknya dengan unsur terkait telah berupaya maksimal dalam melakukan pencarian dan pertolongan.

Hingga hari ini, Minggu (24/1), Tim SAR Gabungan berhasil menemukan 325 kantong bagian tubuh, 68 kantong serpihan kecil pesawat, 55 bagian besar badan pesawat.

"Operasi akan dilanjutkan dengan monitoring secara aktif apabila ada laporan dari masyarakat terkait penemuan korban. Kami akan merespon dan untuk menindaklanjuti," katanya.

NEXT: Dugaan awal

Identifikasi Korban
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading