Keputusan Janet Yellen Jadi Menkeu AS Ditetapkan Senin

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
23 January 2021 20:10
U.S. Federal Reserve Board chair Janet Yellen holds a news conference in Washington September 17, 2014. REUTERS/Gary Cameron

Jakarta, CNBC Indonesia - Komite Keuangan Senat Amerika Serikat (AS) dengan bulat menyepakati pencalonan Janet Yellen sebagai Menteri Keuangan AS, sekaligus menjadikan Yellen sebagai bendahara negara wanita pertama AS.

Persetujuan ini menunjukkan eks Gubernur Bank Sentral AS itu akan dengan mudah dicapai Senat dan memintanya untuk bekerja dengan mereka dalam mengembangkan kebijakan ekonomi.

Mengutip Reuters, Senat secara penuh akan memberikan suara untuk pencalonan Janet Yellen pada Senin, 25 Januari 2021, kata pemimpin mayoritas Senat Chuck Schumer, yang akan memungkinkan Yellen segera bekerja dalam kabinet.


Pencalonan Yellen disepakati 26 - 0 di komite yang terbagi rata dengan kekhawatiran yang dikemukakan Partai Republik terkait rencana ambisius Joe Biden untuk stimulus bantuan Covid-19, investasi di bidang infrastruktur, serta kenaikan pajak.

"Saya memiliki ketidaksepakatan yang sangat kuat dengan Yellen mengenai sejumlah posisinya, terutama di arena kebijakan pajak, tetapi dia telah berkomitmen kepada kami bahwa dia akan bekerja dengan kami," kata Senator Republik Mike Crapo.

Joe Biden sendiri telah mengumumkan akan memberikan bantuan untuk penanganan Covid-19 senilai US$ 1,9 triliun dan berjanji akan berinvestasi dalam sejumlah proyek infrastruktur hijau, pendidikan, hingga penelitian sebesar US$ 2 triliun.

 


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading