Dear Presiden Biden, Ini Harapan Pemerintah RI untuk Anda

News - Thea F, CNBC Indonesia
21 January 2021 15:37
Vice President Mike Pence and his wife Karen, arrive for the 59th Presidential Inauguration at the U.S. Capitol for President-elect Joe Biden in Washington, Wednesday, Jan. 20, 2021. (AP Photo/Patrick Semansky, Pool)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi menyampaikan harapan Indonesia terhadap administrasi Presiden Amerika Serikat Joseph Robinette Biden Jr. dan wakil presiden perempuan pertama AS, Kamala Devi Harris.

Harapan ini dilontarkan Retno setelah Biden dan Kamala resmi dilantik di Capitol Hill pada Rabu (20/1/2021) waktu AS.

"Sebagaimana negara lainnya di dunia, Indonesia memiliki harapan yang besar terhadap Administrasi AS yang baru," kata Retno dalam konferensi pers virtual pada Kamis (21/1/2021). "Setidaknya terdapat 3 hal yang diharapkan dari AS untuk menciptakan dunia yang lebih baik."

Pertama, kata Retno, Indonesia berharap akan komitmen AS dalam upaya mitigasi pandemi melalui kerja sama multilateral. Kedua, komitmen AS terhadap pemeliharaan perdamaian dan stabilitas di dunia dan kawasan.

cover topik/Pelantikan Presiden Joe Biden_LuarFoto: cover topik/Pelantikan Presiden Joe Biden_Luar



"Ditengah semakin rentannya perdamaian dan stabilitas dunia termasuk akibat semakin meningkatnya rivalitas, Indonesia mengharapkan AS dapat menjadi motor terciptanya dunia yang lebih aman, damai, dan stabil," paparnya.

Selain itu, menurut Retno, Indonesia juga berharap adanya pembangunan tatanan ekonomi dunia yang kokoh dan berkelanjutan dari AS. Sebab tantangan pemulihan ekonomi pasca pandemi akan menjadi tantangan bagi semua negara di dunia.

"Kepemimpinan AS sangat diharapkan dalam upaya pemulihan ekonomi dunia. Indonesia mengharapkan Amerika dapat menjadi bagian dari upaya mendorong sistem perdagangan dunia yang terbuka, berkeadilan dan saling menguntungkan," katanya.

"Indonesia juga mengharapkan perhatian AS terhadap ekonomi hijau dan pembangunan berkelanjutan akan semakin besar di bawah pemerintahan baru AS ini termasuk komitmen AS dalam pemenuhan Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030 (Agenda Global 2030)."

Sementara dalam tataran bilateral, Retno berharap dapat memperkokoh Kemitraan Strategis Indonesia dan Amerika Serikat yang telah disepakati tahun 2015. Termasuk kerjasama ekonomi dan pembangunan berkelanjutan yang saling menguntungkan akan menjadi salah satu prioritas harapan RI terhadap AS.

Salah satunya adalah adanya kemungkinan RI-AS memiliki Limited Trade Deal, investasi AS di sektor infrastruktur, konektivitas dan energi terbarukan, serta kerja sama ketahanan kesehatan kedua negara.

Retno mengatakan Indonesia mengharapkan kemitraan AS mendukung ketahanan kesehatan nasional, antara lain melalui pengembangan kemandirian industri bahan baku obat, farmasi, alat kesehatan, kerjasama pengembangan riset dan teknologi kesehatan serta pengembangan mekanisme early warning di bidang kesehatan.

"Di luar kedua prioritas tersebut, kerjasama pertahanan dan keamanan lintas batas, termasuk dalam menghadapi ancaman terorisme serta pemajuan nilai-nilai bersama dan kerjasama pendidikan juga akan terus dilakukan," tutupnya.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading