Update Gempa Sulbar, 73 Orang Meninggal dan 27 Ribu Mengungsi

News - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
17 January 2021 17:01
Rescuers assist a survivor pulled out from the ruin of a government building collapsed during an earthquake in Mamuju, West Sulawesi, Indonesia, Friday, Jan. 15, 2021. A strong, shallow earthquake shook Indonesia's Sulawesi island just after midnight Friday, toppling homes and buildings, triggering landslides and killing a number of people. (AP Photo/Azhari Surahman)

Jakarta, CNBC Indonesia - Akibat gempa di daerah Sulawesi Barat beberapa waktu lalu korban meninggal dan mengungsi terus bertambah. Hingga hari minggu siang, 17 Januari 2021, korban meninggal mencapai 73 orang sementara lebih dari 27.850 orang mengungsi.

Dalam laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana dari 73 orang ada 9 orang berasal dari Kabupaten Majene dan 64 jiwa dari Kabupaten Mamuju. Sementara untuk pengungsian 25 titik terletak di Majene dan 5 titik di Mamuju.

Untuk korban luka-luka hingga sekarang mencapai 743 orang dengan rincian 554 jiwa di Majene dan Mamuju berjumlah 189 jiwa.


Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Dr Raditya Jati menyebutkan jika terkait logistik setelah melakukan komunikasi dengan pihak pemerintah provinsi Sulawesi Barat masih dalam proses dan bentuk yang kondusif.

"Terkait logistik memang menjadi tantangan tetapi tadi barusan komunikasi dengan pemerintah gubernur di Sulawesi Barat, masih dalam proses dan bentuk yang kondusif. infonya belum ada kendala yang disampaikan dari pemerintah daerah.," ungkapnya, Sabtu (17/1/2021).

Dia juga menyebutkan jika status setelah gempa tersebut masih Tanggap Darurat dan ditetapkan selama 14 hari dari 15 hingga 28 Januari 2021 mendatang.

Sebagai informasi, gempa susulan juga m,asih terjadi di lokasi tersebut. Terakhir pada Sabtu pagi ini pukul 06.32WIB, BMKG melaporkan terjadi gempa bumi dengan kekuatan M5,0 di Kabupaten Majene.

BMKG juga menyebutkan masih ada potensi gempa susulan. Untuk itu BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan selalu waspada terkait adanya potensi gempa susulan dengan kekuatan signifikan.




[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading