Cerita Satgas Jalan Jauh & Nyebur Sungai Demi Makamkan Pasien

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
14 January 2021 15:40
Pemakaman prosedur covid-19 oleh Satgas Penanggulangan covid-19 Kalurahan Banjaroyo dari RS Sarjito menuju Makam Padukuhan Pantog Kulon, Kapanewon Kalibawang Kabupaten Kulon Progo. (Tangkapan Layar twitter @TRCBPBDDIY)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menyebrangi sungai dengan arus yang cukup deras mungkin hal biasa. Namun menjadi tidak biasa jika itu dilakukan dengan pakaian APD lengkap dan harus menggotong peti jenazah.

Narasi di atas bukan omong kosong, sebab kejadian ini nyata. Terekam kamera dan diunggah pada akun twitter @TRCBPBDDIY, setidaknya ada 10 orang dengan APD lengkap yang menjalankan misi prosedur pemakaman dengan protokol Covid-19.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan giat dukungan pemakaman prosedur Covid-19. Tim ini membawa peti jenazah untuk dibawa ke Makam Padukuhan Pantog Kulon, Kapanewon Kalibawang Kabupaten Kulon Progo.


Tepatnya pada Rabu (13/1) pukul 13.00 WIB, satgas Penanggulangan Covid-19 Keluarahan Banjaroyo dari RS Sarjito harus menerobos arus sungai. Mereka harus kompak, agar tidak tergelincir saat melintasi sungai yang penuh dengan bebatuan.

Jalur yang dilalui memang cukup sulit. Namun, ini merupakan jalur tercepat untuk bisa mencapai lokasi pemakaman. Sebab, jika harus melewati jalur lain, jarak yang dilalui akan semakin jauh, kurang lebih 3 Km.

Kesulitan dialami tak hanya saat melintasi sungai. Tim juga harus melintasi jalur terjal menurun untuk mencapai sungai yang dimaksud. Bahkan, terlihat pada gambar yang diunggah di akun media sosial yang sama, tim harus istirahat sejenak melepas penat. Selain karena medan yang berat, beban yang dibawa memang cukup menguras tenaga.

Setelah melewati medan yang berat itu, tim akhirnya tiba di lokasi pemakaman. Pemakaman tentunya dilakukan dengan protokol Covid-19, sesuai dengan arahan yang berlaku.

Sebagai informasi, DIY menjadi salah satu wilayah di Pulau Jawa dengan pertambahan kasus cukup tinggi. Hingga Rabu (13/1) oukul 12.00 WIB, ada 319 kasus baru, sehingga total menjadi 15.801.

Selanjutnya kematian bertambah 5 menjadi 341. Kabar baiknya, kesembuhan bertambah 178 menjadi 10.419.




[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading