Ridwan Kamil Sempat Ingatkan Raffi Ahmad yang Keluyuran

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 January 2021 10:22
Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) resmi menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas untuk pertama kalinya. Hari ini, Selasa (29/12) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi menyerahkan tiga unit mobil listrik kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil. Ketiga mobil tersebut adalah 2 unit IONIQ Electric dan 1 unit KONA Electric. (Dok: Istimewa)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ternyata sempat mengingatkan Raffi Ahmad untuk tidak terlalu 'bersuka cita' setelah mendapatkan vaksin Covid-19.

Peringatan tersebut disampaikan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil saat hadir dalam tayangan Mata Najwa yang disiarkan Trans7, seperti dikutip CNBC Indonesia, Kamis (14/1/2021).

Mulanya, Kang Emil menjelaskan bahwa pemberian vaksin Covid-19 harus dilakukan selama dua kali. Ia mengetahui hal tersebut, lantaran telah menjadi salah satu relawan vaksin Bio Farma - Sinovac.

Pasien yang mendapatkan vaksinasi, diwajibkan untuk kembali melakukan penyuntikan kedua setelah masa waktu 14 hari sejak penyuntikan pertama. Pasalnya, vaksinasi pertama tidak serta membentuk antibodi terhadap virus corona.

Eks Wali Kota Bandung itu mengatakan, dibutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk mendapatkan antibodi terhadap virus corona. Setiap masyarakat yang divaksinasi, memang harus melalui proses tersebut.

"Jadi Raffi Ahmad jangan euforia dulu. Pertama, karena baru disuntik sekali, 14 hari kemudian yang kedua, Kemudian setelah suntikan kedua, baru tiga bulan antibodi itu muncul secara maksimal," kata Kang Emil.

Sebelumnya, Istana Kepresidenan memastikan telah menegur Raffi Ahmad yang kedapatan berkumpul bersama artis lain tanpa mengedepankan protokol kesehatan, setelah beberapa jam divaksin Covid-19.

"Sudah dinasehati, diingatkan kembali oleh tim komunikasi Covid-19 agar mentaati protokol kesehatan," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi.

Sikap Raffi Ahmad yang terlihat 'keluyuran' tanpa mematuhi protokol kesehatan disebut telah menyalahi kepercayaan pemerintah yang mengharapkan ia bisa memberikan contoh kepada masyarakat luas tentang pentingnya protokol kesehatan.

Raffi Ahmad kemarin menjadi salah satu perwakilan kaum milenial yang divaksinasi bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Saat berbicara dengan awak media di Istana Kepresidenan, Raffi Ahmad mengaku akan membantu pemerintah untuk mensosialisasikan pentingnya vaksin kepada masyarakat luas.

"Vaksin itu baik untuk kita, untuk keluarga, dan untuk Indonesia. Ini juga salah satu tugas saya untuk Indonesia untuk banyak orang, karena kebetulan saya jadi influencer saya diundang dan di sini saya menceritakan pengalaman saya," katanya.

Selang beberapa jam setelah divaksin, Raffi terlihat berkumpul bersama para koleganya tanpa memakai masker. Kejadian tersebut terekam di sejumlah insta story kalangan artis yang hadir dalam acara tersebut.

Rekan sesama artis, Sherina Munaf melalui akun Instagram resminya ikut angkat bicara perihal kejadian itu. Putri Triawan Munaf itu menyayangkan sikap Raffi Ahmad yang kedapatan berkumpul tanpa menggunakan masker.

"Halo Raffi Ahmad, setelah divaksin bukan berarti keluyuran rame-rame dong. Anda dipilih jatah awal-awal vaksin karena followers banyak. Dengan alasan yang sama, tolong berikutnya konsisten beri contoh yang baik," tulis Sherina.

"Please you can do better than this. Your followers are counting on you."



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading