Tak Bareng Jokowi, Kapan Menteri Divaksinasi Covid-19?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
13 January 2021 08:10
Dokter memperagakan proses vaksinasi saat simulasi pemberian vaksin di Puskesmas Depok, Jawa Barat, Kamis (22/10). Pemerintah Kota Depok akan menggelar simulasi pemberian vaksin corona. Pemberian vaksin idealnya sebanyak 60 persen dari jumlah penduduk Kota Depok. Adapun yang hadir bukanlah warga sungguhan yang hendak divaksin. Hanya perwakilan dari Pemkot Depok saja. Terdapat sejumlah tahapan alur yang akan diterapkan Pemerintah Kota Depok dalam pemberian vaksin. Orang yang masuk dalam kriteria mendapat vaksin akan diundang untuk datang ke puskesmas. Nantinya mereka duduk di ruang tunggu dengan penerapan protokol kesehatan. Mereka kemudian menunggu giliran dipanggil petugas. Setelah itu masuk ke ruangan untuk disuntik vaksin. Orang yang telah divaksin akan diregistrasi petugas guna memantau perkembangannya secara berkala.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Para jajaran menteri Kabinet Indonesia maju dipastikan akan mendapatkan jadwal vaksinasi dalam waktu dekat. Namun, belum diketahui secara pasti kapan waktunya.

Hal tersebut diamini oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi, seperti dikutip Rabu (13/1/2021). Vaksinasi kepada menteri saat ini tengah dipersiapkan otoritas kesehatan.

"Para menteri di hari lain sedang dipersiapkan oleh kementerian kesehatan karena menteri akan bersama eselon satunya masing-masing jadwalnya. Namun secepatnya," kata Heru.


Jokowi sendiri pada hari ini akan menjadi orang pertama Indonesia yang divaksinasi vaksin Covid-19. Vaksinasi akan digelar di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Jika tidak ada aral melintang, Heru mengemukakan, agenda vaksinasi akan digelar pada pukul 10:00 WIB dan disiarkan secara live streaming melalui Youtube Sekretariat Presiden.

Heru mengatakan, kepala negara tidak memiliki persiapan khusus terkait hal ini. Namun, penerima vaksin memang disarankan untuk tidur cukup dan melakukan sarapan terlebih dahulu.

Jokowi, kata Heru, tidak akan divaksin sendiri pada hari ini., Jokowi akan divaksinasi bersama berbagai lapisan maupun unsur masyarakat seperti perawat maupun perwakilan tokoh agama.

"Ada perwakilan pengusaha dan tentu masyarakat, pedagang," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading