Pengusaha Minta Semua Karyawan Dapat Vaksin Gratis!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
15 December 2020 19:20
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B Sukamdani (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kalangan pengusaha meminta Pemerintah agar memprioritaskan beberapa pihak yang rentan untuk mendapatkan vaksin. Pemberian vaksin tersebut bertujuan agar masyarakat bisa mendapat kekebalan dari virus corona.

"Kelompok-kelompok masyarakat yang rentan terhadap Covid19 baik karena profesinya seperti tenaga medis, guru, dan lain-lain serta karena usia (manula, anak-anak) perlu mendapat prioritas untuk mendapatkan vaksinasi," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani dalam konferensi pers outlook perekonomian Indonesia 2021 Selasa (15/12).

Bukan hanya prioritas utama pemberian vaksin, pengusaha juga meminta adanya kebijakan pemberian vaksin gratis kepada pekerja. Pasalnya, belum tentu semua perusahaan memiliki kekuatan finansial yang sama dalam memberikan vaksin kepada para pekerjanya.


"Meskipun demikian, kelompok masyarakat lainnya seperti pekerja pabrik, dan lain-lain juga tidak berarti diabaikan. Untuk itu diharapkan pemerintah memberikan vaksinasi tidak hanya kepada kelompok-kelompok tertentu namun kepada seluruh masyarakat termasuk para pekerja dengan biaya dari negara (gratis)," jelas Hariyadi.

Permintaan pengusaha ini seakan tidak lepas melihat kebijakan dari beberapa negara lain. Sejumlah negara di dunia kini berusaha untuk segera menyuntikkan vaksin Covid-19. Bahkan lima negara sudah berjanji berikan vaksin gratis. Namun di Indonesia sebanyak 75 juta penduduk harus membayar vaksin sendiri.

Lima negara yang menggratiskan vaksin Covid-19 adalah Jepang, Belgia, Arab Saudi, Perancis, Hong Kong, Amerika Serikat, India dan Singapura.

"Kami akan melakukan upaya membangun sistem untuk mengelola vaksin dengan lancar dengan bekerja sama erat dengan pemerintah daerah dan pekerja medis," kata Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato Melansir Kyodo News, Selasa (15/12/2020).

Selain Jepang, Arab Saudi berjanji menggratiskan vaksin Covid-19 yang ditujukan kepada 70% warga dan ekspatriat yang belum terjangkit Covid-19 di negara itu. Namun warga di bawah 16 tahun juga belum akan divaksinasi. Kecuali, ada penelitian dan tes lanjutan yang membuktikan vaksin efektif ke kelompok itu.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading