Ada BLT untuk Ibu Hamil Rp 3 juta, Cek di Sini...

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
11 January 2021 16:35
Warga pengantri Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau disebut juga Bantuan Presiden Produktif kepada UMKM yang terdampak Covid-19 di kantor Cabang Unit Parung, Bogor, Jawa Barat, Selasa 1/12. Bantuan yang dikelola melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) senilai Rp 2,4 juta ini disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI). Pemerintah juga telah menambah target penerima BLT UMKM dari 9 juta usaha menjadi 12 juta. Sejak pagi, sejumlah masyarakat yang merupakan pedagang, pelaku umkm, termasuk ojek online, memadati halaman Kantor Cabang BRI. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) pada tahun ini. Bansos ini sudah mulai diberikan sejak awal bulan.

"Bansos disalurkan serentak se Indonesia mulai 4 Januari 2021," tulis Kementerian Sosial yang dikutip Senin (11/1/2021).

Salah satu bansos terbaru yang diberikan tahun ini adalah untuk ibu hamil. Bantuan bagi ibu hamil diberikan Rp 3 juta setahun.

Adapun pencairan dilakukan dalam empat tahap yakni Januari, April, Juli dan Oktober melalui Bank BNI, BRI, Mandiri dan BTN.

Adapun syarat bagi ibu hamil untuk mendapatkan bansos ini adalah wajib memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Jika belum memiliki KPS maka bisa mengajukan permohonan kepada RT/RW terlebih dahulu, lalu disampaikan ke kelurahan.



Selain ibu hamil, bansos juga diberikan kepada anak usia dini sebesar Rp 3 juta setahun. Juga ada bagi anak sekolah mulai SD sampai SMA.

Untuk anak SD diberikan Rp 900 ribu selama setahun atau Rp 75 ribu per bulan. Kemudian untuk anak SMP sebesar Rp 1,5 juta atau Rp 125 ribu per bulan.

Selanjutnya untuk anak SMA/Sederajat Rp 2 juta atau Rp 166,6 ribu per bulan. Lalu untuk penyandang disabilitas berat Rp 2,4 juta setahun.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading