BPOM Umumkan Izin Pakai Darurat Vaksin Sinovac Hari Ini!

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
11 January 2021 12:22
Infografis/ Kabar Baik  dari BPOM Terkait  Vaksin Covid-19

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengagendakan untuk mempublikasikan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) Vaksin Covid-19 produksi Sinovac. Adapun agenda tersebut direncanakan hari ini, Senin (11/1/2021).

Agenda penyampaian hasil uji klinik Vaksin Covid-19 Sinovac tersebut dikabarkan akan berlangsung pada siang ini di Kantor BPOM, Johar Baru, Jakarta Pusat. Rencananya, penyampaian hasil uji klinik tersebut akan disiarkan juga secara daring.

"Sampai saat ini masih diagendakan," kata Kepala Bagian Humas BPOM Nany Bodrorini dihubungi media.


Sementara, vaksinasi tahap awal direncanakan dilakukan tanggal 13 Januari 2021 mendatang. Menurut Juru Bicara Vaksin Covid-19, Siti Nadia Tarmizi, vaksinasi ini dijadwalkan memang setelahizin penggunaan darurat vaksin yang akan dikeluarkan BPOM.

"Perlu kami klarifikasi terkait tanggal vaksinasi perdana. Ada beberapa skenario sedang susun sebenarnya, tetapi untuk tanggal masih fleksibel. Karena kita masih menunggu izin dari BPOM untuk penggunaan izin darurat," ungkapnya, Senin (11/1/2021).

Bila Badan POM akan mengeluarkan izin sebelum tanggal 13 Januari 2021, kemungkinan pelaksanaan vaksinasi sesuai rencana nampaknya akan dilakukan. Sebab menurutnya sudah ada persiapan paralel pelaksanaan vaksinasi dari tingkat nasional, provinsi hingga kabupaten/kota.

Namun bila BPOM tak mengeluarkan izin, tanggal pelaksanaan pun akan bergeser. Siti Nadia menjelaskan dalam peta jalan yang disiapkan sebenarnya vaksinasi akan dilakukan dalam rentang minggu kedua dan ketiga Januari 2021, jadi masih ada cukup waktu pelaksanaan jika tidak jadi pada 13 Januari mendatang.

"Betul, di dalam rencana peta jalan yang disusun, vaksinasi rentang waktu minggu kedua dan ketiga Januari 2021, saya rasa kita masih punya cukup waktu melakukan vaksinasi dan tentunya harus menjaga independent Badan POM pengeluaran izin penggunaan darurat. memberikan keyakinan vaksin amat, bermutu dan memiliki efektivitas," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading