Cari Sriwijaya SYJ-812, KNKT: Kapal Baruna Siap Diterjunkan

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
09 January 2021 21:15
Peresmian Kapal KM Malahayati Baruna (Dok PLN)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengharapkan penyelamatan bisa segera dilaksanakan juga oleh Basarnas. Jajaranya sedang mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan pesawat Sriwijaya Air SYJ-182 dengan rute penerbangan Jakarta-Pontianak.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan BPPT, Kapal Baruna untuk diterjunkan bila diperlukan," katanya dalam Press Conference, Sabtu (9/1/2021).

Saat ini sudah ada beberapa peralatan untuk underwater recovery. Untuk persiapan dalam pencarian kotak hitam yang dilakukan pada esok hari.


"Tapi dari Basarnas akan melakukan pertolongan, perlu kami sampaikan bahwa KNKT juga hal ini akan mengumpulkan semua informasi dari masyarakat dan rekan-rekan," katanya.

Saat ini pencarian saat ini masih dilakukan, tapi belum bisa optimal karena kondisi cuaca yang tidak bersahabat. Besok pencarian dan pendalaman akan dilakukan oleh pihak yang terkait.

Kapal Basarnas sudah berada dilokasi kejadian. Dari informasi masyarakat dan Pos Polisi Pulau Lancang masih ada puing-puing di sekitar perairan pulau. Namun belum bisa dipastikan identifikasi barang yang ditemukan saat ini.

"Kita belum bisa pastikan barang itu apa, tapi sudah ada di Kapal Basarnas dan akan diselidiki KNKT," kata Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito

Pada Kesempatan yang sama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sesuai arahan presiden untuk memaksimalkan proses pencarian, sudah ada empat kapal Basarnas yang dikerahkan dan 3 Kapal Karet. Dari TNI Angkatan Laut juga sudah mengerahkan 4 kapal KRI.

Sebelumnya diberitakan Kepolisian Sektor Pulau Laki Kepulauan Seribu, Babinsa beserta Tim SAR telah melakukan pengecekan di lapangan lokasi kecelakaan itu terjadi. Ditemukan sejumlah gulungan kabel, puing alumunium, serta potongan celana jeans di perairan Pulau Lancang.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading