DKI Seram! Kasus Aktif Covid-19 Rekor, Ini Paparan Anies

News - Tommy S, CNBC Indonesia
09 January 2021 10:00
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat konferensi pers Perkembangan Situasi Pandemi COVID-19 di DKI Jakarta. (Tangkapan Layar Youtube

Jakarta, CNBC Indonesia - DKI Jakarta mencatatkan kasus aktif covid-19 tertinggi selama masa pandemi ini.

Hal ini disampaikan langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam keterangannya yang disampaikan secara virtual, Sabtu (9/1/2021).

"Sementara itu kasus aktif di Jakarta. Ini tertinggi dalam masa pandemi Jakarta selama 9 bulan lebih, angka 17.000 ini adalah angka tertinggi yang pernah kita miliki."

"Apa itu kasus aktif? Jumlah orang yang sudah dites positif namun belum sembuh, baik yang dirawat ataupun isolasi mandiri," katanya.

Namun, Anies menggarisbawahi jika tingkat kematian hanya 1,7% dari total. Menurutnya, tingkat kematian ini rendah secara nasional.

"Tingkat kematian DKI 1,7%, Mengapa tingkat kematian bisa rendah? Kalau nasional, kita 2,9%. Karena aktivitas testing yang tinggi membuat kita bisa mendeteksi kasus awal sehingga bisa dilakukan tindakan lebih awal sehingga bisa menghindari potensi penurunan kondisi korban covid," kata Anies.

Anies mengatakan, saat melihat angka kasus aktif covid-19 di 17.000 menjadi penting karena harus dipersiapkan fasilitas isolasi agar terkendali. Di antaranya hotel, wisma, dan termasuk tenaga kesehatannya.





[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading