Trump Legowo, Janjikan Transisi yang Damai dengan Biden

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
07 January 2021 20:59
A woman holds a cut out of President Donald Trump's face Wednesday, Jan. 6, 2021, in Washington, at a rally in support of President Donald Trump called the

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan akan ada transisi yang teratur ketika Presiden terpilih Joe Biden menggantikan posisinya dalam waktu kurang dari 2 minggu ke depan, setelah Kongres AS mengesahkan kemenangan kubu Demokrat dalam pemilihan presiden pada 3 November 2020 lalu.

"Meskipun saya sama sekali tidak setuju dengan hasil pemilu, dan fakta mendukung saya, namun akan ada transisi yang tertib pada 20 Januari," kata Trump pada Kamis (7/1/2021), dalam pernyataan yang di-posting di Twitter oleh juru bicara Gedung Putih Dan Scavino.

Kongres AS secara resmi mengkonfirmasi terpilihnya Joe Biden sebagai presiden Negeri Paman Sam pada Kamis pagi waktu setempat. Penetapan itu hadir selepas massa menyerbu Capitol Hill pada Rabu (6/1/2021) malam.


Biden dan pasangannya, wakil presiden terpilih Kamala Harris, meraih 306 electoral college. Raihan itu lebih banyak 36 ketimbang batas yang dibutuhkan untuk melenggang ke Gedung Putih. Sementara itu, pasangan Trump dan Mike Pence hanya mengumpulkan 232 electoral college.

Dalam sejumlah kesempatan, Trump selalu menolak mengakui kemenangan Biden. Ia mengaku kalah lantaran ada penipuan surat suara.

Kongres AS memulai proses penghitungan suara electoral college pada Rabu sore. Namun, persidangan itu terganggu selama enam jam akibat massa pendukung Trump menyerbu Capitol Hill dan merusak beberapa gedung di komplek tersebut.

Mereka marah atas kekalahan Trump dalam pilpres lalu. Dalam kerusuhan tersebut, mereka yakin Trump jadi korban penipuan surat suara.

Pascakericuhan, penghitungan lantas dilanjutkan sekitar jam 8 malam. Para pemimpin dari Partai Republik dan kaukus Demokrat di Senat berjanji akan melanjutkan persidangan sekaligus mengkonfirmasi penetapan Biden sebagai presiden AS.




[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading