Asyik! Ada Tol Cisumdawu, Bandung-Kertajati Cuma 1 Jam Kurang

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
06 January 2021 09:20
Ada Zig-Zag dan Menembus Bukit, Jokowi Pamer Tol Cisumdawu (Screenshot Instagram @jokowi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ruas tol baru segera dimulai pembangunannya yakni Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) Seksi 6B. Targetnya tol ini dapat dioperasikan pada 2021 sebagai dukungan untuk akses ke Bandara Kertajati.

Pembangunan Jalan tol Cisumdawu sepanjang 61 Km di Provinsi Jawa Barat ini terdiri dari enam seksi, yang akan terhubung dengan jalan tol akses Bandara Kertajati. Pembangunan jalan tol ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas ke Bandara.

Tol Cisumdawu dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dari enam seksi, seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh pemerintah sebagai bagian dariĀ viability gap fund(VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut.


Sementara Seksi 3 - 6 dikerjakan oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKTJ) selaku investor. Adapun nilai investasi proyek seluruh Jalan tol Cisumdawu seluruhnya sebesar Rp 8,4 triliun.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam sambutannya menjelaskan, dua kontrak pembangunan ruas tol ini sangat krusial dan kehadiran nya sudah ditunggu masyarakat.

"Tol Cisumdawu penyelesaianya menjadi prioritas Presiden Joko Widodo. Saya berhadap dengan penandatanganan kontrak ini, Tol Cisumdawu dapat dioperasikan pada 2021 sebagai dukungan agar Bandara Kertajati dapat beroperasi penuh, dengan mengurangi waktu tempuh Bandung ke Bandara Kertajati menjadi kurang dari 1 jam," kata Basuki dalam pernyataan resminya, Selasa (5/1/2020).

Basuki menginstruksikan kepada pihak kontraktor pelaksana untuk segera memulai pekerjaan lapangan sejak diterbitkannya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

"Untuk kontraktor PT Brantas Abipraya (Persero) untuk bekerja sama dengan PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola jalan tol ruas Cisumdawu harus langsung bekerja dan dalam dua minggu ke depan saya akan memantau proses di lapangan," ucapnya.

Kepala BPJT Danang Parikesit menyatakan penandatanganan kontrak pada masing-masing ruas toll ini telah dilakukan. Maka sinergi diharapkan antara swasta dan BUMN dapat berkontribusi positif dan pembangunan infrastruktur jalan tol dapat berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Penandatanganan kontrak ruas tol Cisumdawu Seksi 6B dilakukan oleh Direktur Utama PT CKJT Jusuf Hamka Bersama dengan General Manager Divisi 3 PT Brantas Abipraya (Persero) Dody Perbawanto. PT CKJT merupakan anak usaha PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) Group.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading