Wapres Ma'ruf Amin Tak Disuntik Vaksin Sinovac, Kenapa?

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
05 January 2021 20:25
Ma'ruf Amin

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden Ma'ruf Amin dipastikan tidak ikut dalam vaksinasi Covid-19 tahap awal pada 13 Januari 2021 bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Juru bicara Wakil Presiden Masduki mengatakan Ma'ruf Amin tak masuk ikut karena usianya yang sudah lanjut.

"Karena Pak Wapres berusia di atas 60 tahun, jadi beliau tidak memungkinkan untuk divaksin dengan vaksin yang ada sekarang, yang Sinovac itu," terang Masduki seperti dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (5/1/2021).


Menurut Masduki, Wapres Ma'ruf hanya akan menerima vaksin yang sesuai dengan kriteria usia dan kondisi kesehatannya. "Mungkin nanti di tahap berikutnya, kalau ada vaksin yang sesuai dengan kriteria kondisi Pak Wapres," sambung Masduki.

Informasi saja, vaksinasi tahap awal akan menggunakan vaksin Sinovac bernama CoronaVac. Dalam uji klinis-nya, vaksin ini diberikan pada relawan berusia 19 tahun hingga 56 tahun. Belum ada data vaksin ini manjur untuk lansia atau lanjut usia.

Saat ini Sinovac sedang melakukan uji klinis tahap akhir di Indonesia dengan menggandeng PT Bio Farma (Persero) dengan melibatkan 1.600-an relawan. Hingga kini Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) belum mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin China ini.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading