Internasional

Jack Ma Masih 'Hilang', Video Ramalan Nasibnya Beredar

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
05 January 2021 15:23
FILE - In this May 15, 2019, file photo, founder of Alibaba group Jack Ma arrives for the Tech for Good summit in Paris. (AP Photo/Thibault Camus, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Desas-desus mengenai hilangnya miliuner China yang juga pemilik perusahaan e-commerce Alibaba, Jack Ma, masih belum terjawab. Hingga hari ini sang miliuner berusia 56 tahun tak terlihat aktivitasnya.

Akibat ini, sebuah video yang memprediksi hidup Jack Ma, yang dibuat 2019 kembali beredar di dunia maya. Video itu terkait wawancara seorang pengusaha yang menjadi buron Pemerintah China, bernama Guo Wengui.


Ia memperkirakan hal yang cukup ekstrim akan menimpa Ma. Dilansir dari Realvision, video wawancara itu sendiri diambil saat Ma memutuskan untuk pensiun dari Alibaba.

Ia mengatakan ada dua hal yang mungkin bisa menimpa Ma, di masa depan. "(Bagi) semua miliuner China, hanya ada dua cara: penjara, dan mati," kata Guo dalam video itu, dikutip Selasa (5/1/2021).

Guo sendiri juga sudah menjadi buronan pemerintah China sejak 2014 lalu. Ia kabur dari China setelah dirinya diburu akibat dugaan korupsi dan suap.

Sebelumnya Ada yang mengatakan bahwa Ma sedang dalam pengawasan yang ketat dari pemerintah sehingga ia harus "dikarantina" di suatu tempat. Pengawasan ini dilakukan karena perusahaannya berurusan dengan aparat hukum aturan anti monopoli.

Penyelidikan ini selalu dikait-kaitkan dengan aksi Ma yang mengkritik rezim penguasa. Sebelum peraturan ini dikeluarkan, Ma diketahui juga seringkali mengkritik sistem perbankan China, yang juga menyinggung peran lembaga negara dan Partai Komunis.

Rumor sempat menyebut ia telah wafat. Namun informasi itu telah dinyatakan sebagai informasi yang tidak benar alias hoaks.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading