Bikin Publik Terkejut, Kapan BGS Diminta Jokowi Jadi Menkes?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
23 December 2020 11:53
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Rabu (23/12/2020) baru saja melantik Budi Gunadi Sadikin (BGS) sebagai Menteri Kesehatan, menggantikan Terawan Agus Putranto, di Istana Negara, Jakarta.

Sejak dua hari lalu publik dihebohkan dengan kabar bakal ditunjuknya BGS sebagai Menteri Kesehatan. Bukan apa-apa, latar belakangnya yang bukan dokter atau pun berkaitan dengan dunia medis, melainkan sebagai bankir bahkan direktur utama perusahaan tambang membuat publik bertanya-tanya apakah Mantan Wakil Menteri BUMN ini cocok menjabat sebagai Menteri Kesehatan.

Lantas, sebenarnya kapan BGS diminta Jokowi untuk menjadi Menteri Kesehatan RI?


Usai pelantikan, Budi pun menceritakan dirinya telah dihubungi Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada pekan lalu dan dikabarkan bahwa dirinya diberikan amanah sebagai Menteri Kesehatan pada awal pekan ini.

"Kami dihubungi oleh Pak Pratikno sekitar minggu lalu dan diberitahu bahwa diberikan amanah sebagai Menteri Kesehatan di awal minggu ini," ungkapnya usai pelantikan di Istana Negara RI, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Khusus terkait tugas yang diminta Presiden Jokowi, dia mengatakan bahwa Presiden memintanya untuk menangani masalah Covid-19 dengan secepatnya dan sebaik-baiknya.

"Agar semua murid bisa kembali sekolah dengan segera, agar semua pengusaha UKM bisa segera kembali menggelar tokonya, agar semua keluarga kita bisa kembali bersilaturahmi, dan agar seluruh rakyat Indonesia bisa hidup normal kembali," tuturnya.

Untuk mewujudkan hal itu, dirinya mengaku membutuhkan dukungan dari seluruh komponen bangsa, baik itu asosiasi kedokteran, pemerintah daerah, provinsi, kabupaten dan kota madya, serta masyarakat Indonesia.

"Masalah ini adalah masalah yang sangat secara tidak mungkin kami lakukan sendiri, yang harus kami lakukan secara inklusif serta gotong royong," ungkapnya.

Dia pun berharap, dengan penanganan secara inklusif, pandemi Covid-19 ini bisa segera diatasi.

"Mudah-mudahan segera kita bisa mengatasi pandemi Covid-19 ini dan kembali hidup normal untuk Indonesia masa depan yang lebih baik," ujarnya.

Tak lupa dia menyampaikan terima kasih atas amanah ini.

"Kami mengucapkan terima kasih Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden atas amanahnya dan kami membutuhkan dukungan dari teman-teman seluruh rakyat Indonesia untuk menyukseskan seluruh amanah yang diberikan kepada kami," tandasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading