Jadi Menteri KKP, Trenggono Kaget Tapi Siap Bikin Terobosan

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
23 December 2020 11:18
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Sakti Wahyu Trenggono (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono mengaku sempat kaget saat diberikan amanah jabatan baru sebagai menteri kelautan dan perikanan (KKP). Mantan wakil menteri pertahanan ini siap membuat terobosan di kementeriannya.

"Saya diberitahu oleh bapak menteri sekretaris negara minggu lalu dan terus terang ini adalah berita yang cukup mengagetkan," kata Trenggono saat usai pelantikan di Istana Negara, Rabu (23/12).

Trenggono mengaku masih harus banyak belajar tentang laut. Ia bilang Indonesia sebagai negara kepulauan yang daratannya lebih sedikit dibandingkan dengan kelautan, maka bila kelola dengan baik, itu akan memberikan manfaat yang besar bagi bangsa dan generasi berikutnya.


"Terobosan apa yang akan saya lakukan tentu sebagai lembaga atau kementerian yg menjaga laut maka memastikan keberlangsungan daripada ekosistem di kelautan ini bisa berjalan dan tidak rusak," katanya.

Trenggono memang menghadapi beberapa isu penting di sektor kelautan antara lain masalah pencurian ikan yang masih terjadi hingga penyelundupan benih lobster. Bahkan persoalan benih lobster ini sempat jadi polemik mengenai kebijakan dibukanya lagi larangan ekspor benih lobster.

"Kami lakukan dalam waktu yang saya kira tidak lama barangkali 1-2 bulan kedepan saya akan belanja masalah untuk mengevaluasi semua apakah yang sudah dilakukn, mana yang baik kita lanjutkan yang tidak baik kita hentikan. Saya kira itu saja dulu," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading